VALIDITAS BAHAN AJAR CAD BERBASIS MODEL EXPLICIT INSTRUCTION
Abstract
Bahan ajar ialah salah satu media yang digunakan oleh pengajar/pendidik dalam mendidik/mengajar. Bahan ajar juga berfungsi memudahkan Aktivitas pendidikan dan penerapan pelaksanaan pendidikan supaya jadi lebih efisien serta efektif. Mutu pendidikan CAD bisa ditingkatkan dengan merancang bahan ajar yang valid, yang pada akhirnya bisa memfasilitasi mahasiswa dalam tingkatkan keahlian berfikir kritis serta literasi CAD. Terdapat kasus Pada mata kuliah CAD yaitu rendahnya hasil belajar mahasiswa yaitu dengan nilai <70 (40.83%). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu bahan ajar yang menunjang kegiatan belajar mata kuliah CAD berbasis Model Explicit Instruction. Bahan ajar didesain supaya terjadi peningkatan terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dikategorikan dalam riset pengembangan. Mengadopsi model pengembangan 4D (Four-D) Thaigarajan. Pada riset ini dicoba 4 tahapan pengembangan, yakni: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), serta disseminate (penyebaran). Instrumen yang dipakai adalah angket, yang berfungsi untuk mengevaluasi kelayakan bahan ajar supaya dapat diterapkan untuk bahan ajar pada mata kuliah CAD. Produk pengembangan bahan ajar membutuhkan validasi dalam rangka penilaian inovatif. Validasi bahan ajar didapatkan dari para subjek yang terdiri dari pakar modul, pakar media dan pakar Bahasa. Diperoleh hasil dari riset ini yakni 1) Validitas bahan ajar yang valid pada isi/konten dengan skor 0.8333 setelah itu aspek media dengan skor 0.81 serta pada aspek bahasa dengan skor 0.782, 2) Bersumber pada hasil riset ini, kita bisa simpulkan bahan ajar CAD berbasis model Explicit Instruction ini valid
References
Agung, A., Indrawan, E., Rifelino, R., & ... (2023). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Teknik Pemesinan Frais Di Kelas Xi Teknik Mesin Smk N 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi …, 5(1). http://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article/view/498%0Ahttp://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article/download/498/264
Alfadhlani, Ari Samadhi, T. M. A., Ma’Ruf, A., & Toha, I. S. (2011). Automatic collision detection for assembly sequence planning using a three-dimensional solid model. Journal of Advanced Manufacturing Systems, 10(2), 277–291. https://doi.org/10.1142/S021968671100220X
Alfana, Y. D., Fernandes, E., Yuliady, I., Tawar, K. A., Learning, P. B., & Pengelasan, T. (2023). Inovasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Teknik Project Based Learning Innovation In Welding Engineering produk dengan skala berpikir kreatif ( Creative Thinking Scale / CTS ). Analisis data dilakukan dengan. 5(3), 280–285.
Aminullah. (2022). Computer Aided Design (CAD) dengan Bantuan Aplikasi. Eureka Media Aksara.
Anurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Pustaka Belajar.
Efendi, F., & Rahim, B. (2023). Validitas Program Pembelajaran Gambar Mesin Berbasis Modul Validity of Module Based Machine Drawing Learning Program. 5(2), 141–146. http://vomek.ppj.unp.ac.id
Gitnita, S., Kamus, Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, Dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika Tentang Vektor Dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Education, 11(2), 153–160.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Joyce, B. dan W. (2011). Models of Teaching: Model-model Pengajaran. Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82
Lieu, D. K., & Sheryl Sorby. (2009). visualization, modeling, and graphics for Engineering Design. Delmar Cengage Learning.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT. Rosda Karya.
Pratama, M. F., Irzal, I., Purwantono, P., & Lapisa, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(4), 102–108. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i4.264
Qatrunnada, R. Z., Rahmadewi, S. R., & Fadhila, R. N. (2022). Career Guidance: Strategi Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Abdi Psikonomi, 3, 230–240. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1055
Rosenshine, B., & Stevens, R. (1986). Teaching functions. M. C. Wittrock.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alphabeta.
Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. La. (2019). Pengantar Pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Model Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana Prenada Media Group.
Zega, A. S., Purwantono, P., Erizon, N., & Nurdin, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Kelas Xi Tkn Di Smk Negeri 10 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 25–29. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.175
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.