PRAKTIKALITAS VIDEO PEMBELAJARAN INVENTOR DI SMK NEGERI 1 PADANG
Abstract
Penelitian ini membahas tentang praktikalitas video pembelajaran inventor pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur (GTM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Padang. Penelitian ini akan mengungkapkan tingkat praktikalitas dari penggunaan video pembelajaran baik oleh guru maupun siswa setelah menggunakan video pembelajaran ini didalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru dan 33 orang siswa. Lembaran angket digunakan sebagai istrumen dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data respon guru dan respon siswa terkait dengan praktikalitas video. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif dengan mengacu kepada langkah-langkah sistematis pengujian praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian guru mata pelajaran dan peserta didik, hasil praktikalitas video pembelajaran inventor yang dikembangkan dalam penelitian ini memperoleh nilai akhir sebesar 0,79 dari guru mata pelajaran dan 0,77 dari peserta didik. Dengan data yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran inventor.
References
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3(1):123–33. doi: 10.36088/islamika.v3i1.1047.
Andika, Yoga, Refdinal Refdinal, Hendri Nurdin, and Primawati Primawati. 2022. “Penerapan Software Inventor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Manufaktur Kelas Xi Smk Negeri 1 Bukittinggi.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(2):97–102. doi: 10.24036/vomek.v4i2.359.
Angriani, Andi Dian, Andi Kusumayanti, and Fitriani Nur. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):926–38. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.322.
Anon. 2019. “) Sebesar 0,163 , Hasil Koefisien Determinasi (R.” 1–9.
Aspi, Muhammad, Kalimantan Selatan, and Kalimantan Selatan. 2022. “PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN.” 2(1):64–73.
Ayu Listyorini, Maria Patricia, Roemintoyo Roemintoyo, and Rima Sri Agustin. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Autocad Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunakpengembangan Media Pembelajaran Autocad Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Di Smk Negeri 4 Sukoharjo Dan Perancangan Interior Gedung Di Smk Negeri 4 Sukoharjo.” Indonesian Journal Of Civil Engineering Education 6(1):16. doi: 10.20961/ijcee.v6i1.53684.
Azis Nabawi, Rahmat. 2022. “Hubungan Penguasaan Kognitif Siswa Mata Diklat Teknik Gambar Manufaktur Dengan Kemampuan Menggambar Menggunakan Autocad the Relationship Between Students Cognitive Mastery of Manufacturing Drawing Engineering Subjects With the Ability To Draw Using Autoca.” 4(1):77–82.
Binyamin, Binyamin, Muhammad Noor Asnan, Bagas Bayu Prasetyo, and Daniel Flawijaya Ledau. 2020. “Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD Di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda.” Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat 2(1):52–61. doi: 10.30650/jp.v2i1.442.
Di, Mesin, Politeknik Raflesia, Deviya Aprilman, Tri Prasetio, and Bayu Putra Irawan. 2022. “Teknis Media Animasi Dalam Pembelajaran Pemahaman Gambar Teknik.” 8(2).
Fajri, Redha Nuzul, Syahril Syahril, and Purwantono Purwantono. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mata Studi Gambar Teknik Manufaktur Kelas Xi Tp 1 Smk N 1 Sumatera Barat Bersamaan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(4):90–97. doi: 10.24036/vomek.v4i4.464.
Fitkirana, Edwin, and Wahyu Dwi Kurniawan. 2023. “Pengembangan Handout Inventor Drawing Untuk Mendukung Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Di SMKN 1 Kediri.” JVTE: Journal of Vocational and Technical Education 5(2):66–73.
Ghairi, Jefri Al, Purwantono Purwantono, Irzal Irzal, Bulkia Rahim, and Nelvi Erizon. 2022. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengelasan Mig Dan Tig Pada Sambungan I Bawah Tangan.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(3):30–36. doi: 10.24036/vomek.v4i3.395.
Jurnal, Halaman, Dody Irnawan, and Silvia Yulita Ratih. 2021. “Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer Evaluasi Software Cad Untuk Mahasiswa Teknik Sipil Dan Arsitektur Sebagai Pembuatan Gambar Kerja.” Juli 1(2):1–6.
Mulyani, Fitri, and Nur Haliza. 2021. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Bidang Kesehatan.” Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 3:101–9.
Nendra, Fadly, Syahril Syahril, Rijal Abdullah, Yumn Jamilah, Netriwati Netriwati, and Nur Rohmatul Aini. 2019. “Developing CAD-Based Learning Module on Manufacturing Engineering Drawing.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 4(2):215–26. doi: 10.24042/tadris.v4i2.5131.
Pa, Sambungan V. Posisi, P. F. Pada, and Mata Kuliah. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL LAS SMAW PENGELASAN LOGAM DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FT UNP DEVELOPMENT OF THE TUTORIAL VIDEO-BASED LEARNING MEDIA OF SMAW WELDING ABOUT V-CONNECTION WITH 1G / PA , 2G / PC , AND 3G / PF POSITIONS IN ME.” 5(3):315–23.
Rahim, Bulkia, Suparno Suparno, Nelvi Erizon, and Budi Syahri. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 1(2):49–54. doi: 10.24036/vomek.v1i2.63.
Rohani. 2019. “Diktat Media Pembelajaran.” Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara 1–95.
Rohman, Afif Fakhoor, and Agus Suyetno. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Inventor Berbasis Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur Di SMK Negeri 1 Singosari.” 6:19–28. doi: 10.17977/um05v6i12023p019-028.
Saputra, Eko Kurnia, Nelvi Erizon, Jasman Jasman, and Eko Indrawan. 2021. “Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(1):45–51. doi: 10.24036/vomek.v3i1.187.
Satriabarata, R. C. Y., and Apri N. Dan. 2020. “Pengembangan Media Video Tutorial Autodesk Inventor Bagi Siswa Kelas Xi Smk Negeri 3 Yogyakarta Development of Tutorial Video Media Autodesk Inventor for Class Xi Students Vocational School 3 Yogyakarta.” 135–42.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.