PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR

  • Nadia Suci Rahma Putri Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Junil Adri Universitas Negeri Padang
  • Afriza Media Universitas Negeri Padang

Abstract

Pembelajaran Gambar Teknik Pembuatan di SMK Negeri 5 Padang saat ini masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dari guru. Metode konvensional ini kadang-kadang diselingi dengan sesi tanya jawab, yang membuat guru memiliki peran yang dominan pada pengajaran dan belajar  berakbiat pada hasil belajar relatif rendah, dan hal ini tidak efektif bagi siswa di kelas yang menimbulkan masalah pada penerapan pembelajaran berbasis proyek, walaupun dari perspektif lain dianggap menjadi suatu alternatif yang terbaik. Model ini memberikan kesempatan untuk siswa menjadi pusat dari proses pembelajaran, mendorong kolaborasi antar siswa, dan mengaktifkan partisipasi siswa, dengan harapan dapat menaikan kemampuan siswa dan hasil belajar mereka. Penelitian ini memakai jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus research dengan subjek penelitian siswa sebanyak 30 orang berasal dari Teknik Pemesinan kelas XII di SMKN 5 Padang untuk semester gasal bulan Juni–Desember tahun ajaran 2023–2024. Data dikumpulkan melalui observasi tugas proyek, penilaian latihan siswa, dan tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian mengungkapkan pelajaran berbasis proyek  telah berhasil diterapkan dan mampu membangkitkan hasil belajar siswa SMK. Hasil siklus 1 memperoleh hasil belajar mencapai 72,7, dengan 18 siswa dinyatakan berhasil. Hasil siklus 1 memperoleh hasil belajar yang meningkatkan skor menjadi 82,6, dan sebanyak 26 orang siswa dinyatakan berhasil.

References

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Bostley, M. A. (2019). Basics of research design: A guide to selecting appropriate research design. International Journal of Contemporary Applied Researches, 6(5), 76–89. https://www.researchgate.net/publication/342354309 _Basics_of_Research_Design_A_Guide_to_selecting_appropriate_research_design.

Devega, A. T., Ambiyar, A., Panyahuti, P., Adi, N. H., & Riyanda, A. R. (2022). The Effectiveness Of Learning Media On The Outcome Of Computer And Basic Network of Vocational Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 5(2), 47–52. https://doi.org/10.24036/jptk.v5i2.23123

Elfi Sukaisih. (2022). Upaya Menerapkan Model Kooperatif Tipe Decision Making Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI SMK Negeri 2 Singosari Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 2(3), 8–16.

Eliawati, T., & Harahap, D. I. (2020). Classroom Action Research: Measuring Integration of Character Education in Language Learning. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, 384, 260–263. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.56

Fahadah, S. E., Nurika, & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 199–207. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Fajri, R. N., Syahril, S., & Purwantono, P. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mata Studi Gambar Teknik Manufaktur Kelas XI TP 1 SMK N 1 Sumatera Barat Bersamaan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(4), 90–97. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.464

González-Pérez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2022). Components of Education 4 . 0 in 21st Century Skills Frameworks : Systematic Review. Sustainability, 14(3), 1–31.

Guan, C., Zhang, Z., Liu, S., & Gong, J. (2019). Multi-objective particle swarm optimization for multi-workshop facility layout problem. Journal of Manufacturing Systems, 53, 32–48. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2019.09.004

Jalinus, N., Syahril, & Nabawi, R. A. (2019). A comparison of the problem-solving skills of students in pjBL versus CPjBL model: An experimental study. Journal of Technical Education and Training, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.30880/jtet.2019.11.01.005

Li, J., & Pilz, M. (2021). International transfer of vocational education and training: a literature review. Journal of Vocational Education and Training, 00(00), 1–34. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1847566

Lukmanji, A., Williams, J. V. A., Bulloch, A. G. M., & Patten, S. B. (2020). Seasonal variation in specific depressive symptoms: A population based study. Journal of Affective Disorders, 261, 153–159. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.10.003

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008

Pantiwati, Y., Hadi, S., Nurrohman, E., & Sari, T. N. I. (2023). Research assistance and publication of class action research results for junior high school teachers. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i1.24374

Prasetya, F., Fajri, B. R., Syahri, B., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality jobsheet learning media. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233. https://doi.org/10.24036/invotek.v21i3.957

Riska, M., & Usman, N. (2023). International Journal of Engineering Business and Social Science Training and Development of Productive Teachers in Improving Work Skills for Vocational High School ( SMK ) Level Students in Sigli. 1(06), 616–628.

Senduk, N. (2021). Penerapan Teknik Penggambaran Garis Kontur Menggunakan Auto Cad 3D. Jurnal Teknik Sipil Terapan, 3(2), 90. https://doi.org/10.47600/jtst.v3i2.281

Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003

Syahril, S., Nabawi, R. A., & Safitri, D. (2021). Students’ Perceptions of the Project Based on the Potential of their Region: A Project-based Learning Implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314. https://doi.org/10.3926/jotse.1153

Tumulu, S. K., & Sarkar, D. (2018). Computer-aided design, finite element analysis and material-model optimisation of knee prosthesis. Journal of the Australian Ceramic Society, 54(3), 429–438. https://doi.org/10.1007/S41779-017-0169-9/METRICS

Wankhade, M., Rao, A. C. S., & Kulkarni, C. (2022). A survey on sentiment analysis methods, applications, and challenges. In Artificial Intelligence Review (Vol. 55, Issue 7). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s10462-022-10144-1

Zulatama, A., Ambiyar, A., Sukardi, S., & Devega, A. T. (2022). Kontribusi Prestasi Belajar, Pengetahuan K3 dan Pengalaman Prakerin Siswa dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Lahat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 96. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115785

Submitted

2023-11-06
Accepted
2023-11-15
Published
2024-02-29
How to Cite
[1]
N. Rahma Putri, B. Syahri, R. Refdinal, J. Adri, and A. Media, “PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR”, Vomek, vol. 6, no. 1, pp. 51-56, Feb. 2024.