EVALUASI TERHADAP PENERAPAN VIRTUAL REALITY (VR) PADA PEMBELAJARAN LAS GTAW

  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Fiki Efendi Universitas Negeri Padang
Keywords: Evaluasi, Virtual Reality, Las, GTAW

Abstract

Pembelajaran Gas tungsten arc welding (GTAW) merupakan mata kuliah yang harus di kuasai oleh mahasiswa departemen Teknik Mesin. Mahasiswa harus mampu memahami konsep dasar dan praktek las GTAW. Namun kenyataan mahasiswa kesulitan dalam mencapai keterampilan las GTAW. Untuk mengurangi biaya operasional perkuliahan dan mencapai kemampuan keterampilan mahasiswa maka perlu dilakukan pengembangan Virtual reality (VR). Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi terhadap penerapan virtual reality (VR) pada pembelajaran las GTAW. Penelitian dilaksanakan di departemen Teknik Mesin FT-UNP pada Semester Januari-Juni 2023 dengan subjek penelitian 32 orang mahasiswa. Penelitian diawali dengan mengembangkan materi pembelajaran las Gas GTAW yang dideliveri melalui VR. Hasil penelitian, para pakar ahli mengatakan bahwa VR pada pembelajaran las GTAW yang dikembangkan cukup valid untuk mengantarkan materi ajar. Sebanyak 80% responden mengatakan aplikasi VR yang dikembangkan  mudah untuk dioperasikan. Responden juga mengatakan bahwa aplikasi VR ini dapat membantu mereka dalam memahami teori tentang pengenalan operasi las GTAW sehingga apabila dilaksanakan pembelajaran praktikum secara langsung mengoperasikan peralatan mesin las GTAW, mahasiswa akan lebih cepat beradaptasi terhadap mesin yang akan dioperasikan dan mampu dalam peningkatan keterapilan dalam pengelasan.

References

Alfarizi, M., & Yugopuspito, P. (2020). Pengembangan Museum Virtual Reality Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(2 SE-Articles), 94–103. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.974.2020

Anderson, L. W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman.

Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartinio, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Semnas FKIP, 2, 1–12. http://repository.lppm.unila.ac.id/32006/

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Herizal, H., Hasrin, H., & Hanif, H. (2020). Analisa Pengaruh Proses GTAW Dan SMAW Terhadap Ketangguhan Sambungan Pengelasan Material AISI 1050. Journal of Welding Technology, 2(1), 19-24.

Irma, Z. U. (2021). Bagaimana Virtual Reality Membawa Kita Seolah-olah Berada di Dunia Nyata ? 1–3.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. PT Bumi Aksara.

Prasetya, F., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2020). Development design augmented reality-based jobsheet in CNC programming subjects. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 50–67.

Rachmatullah, R., & Sukihananto. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Reality (VR) Dalam Pendidikan Keperawatan : Literature Review. Jurnal Kesehatan, 9(2), 11–21. https://jurnal.stikesyatsi.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/272

Riyadi, F. S., Sumarudin, A., & Bunga, M. S. (2017). Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(2), 75. https://doi.org/10.26798/jiko.2017.v2i2.76

Setiadi, T. (2016). Pengertian Virtual Reality. Https://Teknojurnal.Com, 1–7.

Shabir, A. (2022). Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusi, 6(1), 696–702. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2773%0Ahttps://www.youtube.com/watch?v=I3E7LtxySmk&list=PLVefD23kvZxXI1xesJLXF4BwC

Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Penggunaan Media Virtual Reality. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 109–116.

Verhulst, I., Woods, A., Whittaker, L., Bennett, J., & Dalton, P. (2021). Do VR and AR versions of an immersive cultural experience engender different user experiences? Computers in Human Behavior, 125, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106951

Waskito, Alkadra Mansur, N. E. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(3), 16–21.

Submitted

2023-11-24
Accepted
2024-01-29
Published
2024-02-29
How to Cite
[1]
W. Waskito, B. Rahim, and F. Efendi, “EVALUASI TERHADAP PENERAPAN VIRTUAL REALITY (VR) PADA PEMBELAJARAN LAS GTAW”, Vomek, vol. 6, no. 1, pp. 102-108, Feb. 2024.