PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LAS SMAW SISWA
Abstract
Pencapaian hasil belajar menjadi tolak ukur capaian siswa dalam kelas terutama, hasil ujiannya dari diambil dari nilai akhir semester menunjukkan bahwa pemahaman siswa masih belum mencapai standar nilai minimal yang ditetapkan. Berdasarkan informasi yang ada, kesimpulannya adalah bahwa pencapaian Prestasi pembelajaran di ruang kelas XI Teknologi Las di SMKN 2 Sumbar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran SMAW tidak sesuai dengan yang telah ditentukan harapan. Pendekatan penelitian tindakan kelas digunakan sebagai metode utama yang melibatkan 26 siswa kelas XI Teknik Pengelasan sebagai subjek penelitian. Proses penelitian berlangsung selama bulan Oktober-November 2023 dan terdiri dari tiga siklus. Instrumen penelitian mencakup soal ujian secara objektif digunakan dalam menilai kemampuan kognitif siswa, sedangkan lembar pengamatan proyek digunakan untuk mengevaluasi aspek psikomotorik. Selain itu, lembar Pengamatan dimanfaatkan sebagai cara untuk mengevaluasi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil monitoring setiap perputaran menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran dan Perkembangan kegiatan pembelajaran siswa dari satu putaran ke putaran berikutnyaDalam putaran awal, nilai rata-rata mencapai 71,43, mencapai 76,73 dalam putaran kedua, dan mencapai 79,23 pada siklus ketiga. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 33,46%, mengalami peningkatan mencapai 76,92% pada putaran 2, dan mencapai 88,46% pada putaran 3. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%, dapat disimpulkan implementasi pembelajaran basis projek dalam pelajaran Las SMAW di SMA terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan capaian pembelajaran siswa.
References
Anaman, P. D., Zottor, D. M., & Egyir, J. K. (2022). Infrastructural Challenges and Student Academic Performance: Evidence from a Developing Nation. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(11), 1189–1200. https://doi.org/10.5281/zenodo.7439990
Bromley, P., Govindaswamy, P., Walsh, A., Michaels, A., & Parsons, J. (2021). Examining workplace-based education strategies for the 21st century neonatal nurse: Literature review. Journal of Neonatal Nursing, 27(6), 396–401. https://doi.org/10.1016/j.jnn.2021.06.012
Buchner, J., Buntins, K., & Kerres, M. (2022). The impact of augmented reality on cognitive load and performance: A systematic review. Journal of Computer Assisted Learning, 38(1), 285–303. https://doi.org/10.1111/jcal.12617
Chalimi, I. R., Firmansyah, H., Putri, A. E., Mirzachaerulsyah, E., Firmansyah, A., & Wiyono, H. (2023). Workshop Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Diri Guru-Guru di SMAN 10 Pontianak. Digulis Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.26418/djpkm.v1i1.66197
Devega, A. T., Ambiyar, A., Panyahuti, P., Adi, N. H., & Riyanda, A. R. (2022). The Effectiveness Of Learning Media On The Outcome Of Computer And Basic Network of Vocational Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 5(2), 47–52. https://doi.org/10.24036/jptk.v5i2.23123
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. 102(Ictvt), 251–256. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.43
Kurniawan, A. W., Wiguno, L. T. H., & Maimunah, I. A. (2022). Application-based walking and running materials for middle school physical education. Journal of Physical Education and Sport, 22(12), 2965–2973. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.12374
Le, S. K., Hlaing, S. N., Ya, K. Z., & Kung, N. C. (2022). 21st-century competences vocational training and learning that technical and. Journal of Engineering Researcher and Lecturer, 1(1), 1–6.
Lutfi, A., Aftinia, F., & Permani, B. E. (2023). Gamification: Game As a Medium for Learning Chemistry To Motivate and Increase Retention of Students’ Learning Outcomes. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 193–207. https://doi.org/10.3926/jotse.1842
Mariatul Kibtiyah, A. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7710
Poláková, M., Suleimanová, J. H., Madzík, P., Copuš, L., Molnárová, I., & Polednová, J. (2023). Soft skills and their importance in the labour market under the conditions of Industry 5.0. Heliyon, 9(8), e18670. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18670
Portuguez Castro, M., & Gómez Zermeño, M. G. (2020). Challenge based learning: Innovative pedagogy for sustainability through e-learning in higher education. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/SU12104063
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., & Fortuna, A. (2023). Utilizing Virtual Laboratory to Improve CNC Distance Learning of Vocational Students at Higher Education. TEM Journal, 12(3), 1506–1518. https://doi.org/10.18421/TEM123-31
Saikat, S., Dhillon, J. S., Ahmad, W. F. W., & Jamaluddin, R. A. (2021). A systematic review of the benefits and challenges of mobile learning during the covid-19 pandemic. Education Sciences, 11(9), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci11090459
Salvetti, F., Gardner, R., Minehart, R., & Bertagni, B. (2019). Advanced Medical Simulation: Interactive Videos and Rapid Cycle Deliberate Practice to Enhance Teamwork and Event Management – Effective Event Management During Simulated Obstetrical Cases. International Journal of Advanced Corporate Learning (IJAC), 12(3), 70. https://doi.org/10.3991/ijac.v12i3.11270
Sari, M. T., & Sumarni, S. (2023). Need Analysis of The Development of Biology E-Modules. Journal of Curriculum Indonesia, 6(2), 126–133. https://doi.org/dx.doi.org/10.46680/jci.v6i2
Sista, T. R., & Azhari, R. M. (2022). Analisis Penerapan Kebijakan Social Issolation dalam Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Darussalam Gontor. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5053–5061. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2827
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Syahril, S., Nabawi, R. A., & Safitri, D. (2021). Students’ Perceptions of the Project Based on the Potential of their Region: A Project-based Learning Implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314. https://doi.org/10.3926/jotse.1153
van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2020). Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. SAGE Open, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1177/2158244019900176
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.