PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMK N 1 LINTAU BUO

  • Ridho Illahi Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Dori Yuvenda Universitas Negeri Padang
Keywords: Teknik Pemesinan Frais, Modul, Pengembangan, Pretest, Posttest

Abstract

Metode pembelajaran ceramah dan tidak adanya media pembelajaran tambahan menjadikan siswa merasa bosan saat menerima pembelajaran dan juga berdampak pembelajaran menjadi kurang efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul Teknik Pemesinan Frais di SMKN 1 Lintau Buo, sekaligus mendapatkan modul yang praktis, valid, dan efektif. Penilitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D)  dengan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) serta menjadikan Siswa Kelas XI Teknik Permesinan Frais SMK N 1 Lintau Buo, guru dan validator sebagai subjek penelitian. Ada beberapa tahapan yang dilalui dalam pengembangan modul ini mulai dari identifikasi masalah, perancangan dan pengembangan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba soal, uji efektivitas, sampai ke produk akhir. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui angket (kuesioner) dan soal (pretest-posttest). Sedangkan, hasil uji pretest dan posttest antara kelas XI TP 1 dijadikan sebagai pembanding dalam analisis data. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat terwujudnya pengembangan media modul untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais. Hal ini selaras dengan penilaian validitas ahli materi dengan persentase 86%, penilaian validitas ahli media dengan persentase 82,75%, dan penilaian kepraktisan modul dengan persentase 82,70%. Setelah media modul dinilai baik, selanjutnya dilakukan uji keefektifan metode pembelajaran menggunakan modul kepada siswa. Hasil pembelajaran menggunakan metode ini menunjukkan kenaikan efektivitas belajar siswa. Hal itu dibuktikan dengan nilai rerata pretest sebesar  67,076 dan peningkatan posttest menjadi 71,317. Didasari hal tersebut, maka proses pembelajaran menggunakan media modul lebih efektif dibandingkan dengan media ceramah.

References

Basril, A., Syahril, S., Ambiyar, A., & Syah, N. (2022). Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 193. https://doi.org/10.29210/30031732000

Fajri, N. K. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(Nomor 2), 35–48.

Ganefri, G., Zekri, Z., & Anwar, M. (2020). Development of Project-Based Learning Modules for Vocational Digital Communication and Simulation Subjects. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 33–42.

Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, K. T., Tahrim, T., Anwari, M. A., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, M. I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Ichsan, A., Syahri, B., Rifelino, & Media, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Frais (Milling) pada SMK di Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika, 5(4), 358–363.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Novrita, N. (2022). Penggunaan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Teorema Phytagoras. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 2.

Puspitasari, D. A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa Sma. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25.

Rahayu, D. S., Yintan, A. U., Gunawan, Delisya A, F., Wizaratus S, A., & Yeni A, S. (2022). Pengembangan Prototipe E-Modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika.

Rahayu, G. D. S. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Ramadhani, W., & Andre, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Branching Program Berbasis Komputer. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(1).

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Sari, Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, S. F. (n.d.). Modul Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Sudjana. (2005). Metode Statistik (Vol. 3). Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.

Suharsimi, A. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Susanti, & Zulfiana, A. (2017). Makalah ICT Pembelajaran Jenis - jenis Media Dalam Pembelajaran. SIDOARJO: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sutikno, A. T. (2013). Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan Dalam Menghadapi Persaingan Mutu. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1).

Wati, K. N. N. (2020). Perangkat pembelajaran berbasis E-learning di sekolah dasar. PINTU:Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 180–189.

Submitted

2024-01-15
Accepted
2024-02-19
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
R. Illahi, B. Rahim, R. Rifelino, and D. Yuvenda, “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMK N 1 LINTAU BUO”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 158-164, May 2024.