UJI EKSPERIMENTAL KEKERASAN DAN TARIK PADA PRODUK FOOTSTEP MOTOR BERBAHAN LIMBAH ALUMINIUM HASIL SAND CASTING

  • Muhammad Iqrha Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Recycle, Footstep, Alumunium, Pengecoran, Cetakan Pasir.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai hasil nilai kekerasan dan kekuatan tarik dari coran pasir, dengan membandingkannya terhadap data standar dari penelitian terdahulu. Selain hal tersebut, penelitian ini juga melibatkan upaya mendaur ulang limbah aluminium yang tidak terpakai menjadi produk jadi, seperti komponen otomotif, contohnya footstep pada motor. Proses pencetakan footstep dilakukan melalui pengecoran menggunakan cetakan pasir yang terbuat dari campuran pasir silika, bentonite, air, limbah aluminium, dan menggunakan peralatan seperti pola berbentuk styrofoam, tungku pelebur, timbangan, dan kertas pasir. Pengujian melibatkan uji kekerasan dan uji tarik pada spesimen uji, dengan hasil yang kemudian dibandingkan dengan spesimen standar yang telah diuji pada penelitian sebelumnya. Nilai rata-rata spesimen uji kekerasan adalah 76,03 BHN, pada spesimen standar, nilai rata-rata uji kekerasan adalah 76,33 BHN. Pada uji tarik, juga dibandingkan dengan nilai standar uji tarik yang telah dilakukan sebelumnya, nilai rata-rata tensile strength spesimen uji tarik adalah 77,68 N/mm², pada spesimen standar, nilai rata-rata tensile strength uji tarik adalah 70,1758 N/mm². Setelah mendapatkan dan membandingkan antara spesimen uji dengan spesimen standar pada pengujian kekerasan dan tarik, dapat diketahui bahwa bahan yang digunakan layak digunakan untuk pijakan kaki pada motor. Serta dapat memanfaatkan kembali limbah aluinium yang sudah tak terpakai menjadi barang jadi, yaitu footstep motor.

References

Apriliyanto, P., & Mahendra, A. (2014). Analisis variabel proses produk pengecoran logam menggunakan cetakan sand casting. Jurnal Teknik Mesin, 02(02), 70–78.

Busyairi, M., Sarwono, E., & Priharyati, A. (2018). Pemanfaatan Aluminium Dari Limbah Kaleng Bekas Sebagai Bahan Baku Koagulan Untuk Pengolahan Air Asam Tambang. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 10(1), 15–25. https://doi.org/10.20885/jstl.vol10.iss1.art2

Dendi santika, A. M Siregar, C. A. S. & A. R. N. (2022). Uji Eksperimental Kekerasan Dan Struktur Mikro Pada Produk Foot Step Berbahan Limbah Alumunium Hasil Pengecoran Cetakan Pasir Silika Berpengikat Bentonit. 5(1), 56–64. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Eviyanti, N. (2021). Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Pembuatan Peralatan Aluminium Studi Kasus Pada Sp Aluminium Yogyakarta. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 10(1), 10. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v10i1.45233

Freitas, E., Saimpont, A., Blache, Y., & Debarnot, U. (2020). Acquisition and consolidation of sequential footstep movements with physical and motor imagery practice. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 30(12), 2477–2484. https://doi.org/10.1111/sms.13799

Irwana, I. (2018). Pembuatan Dan Analisa Kekerasan Dan Struktur Mikro Logam Paduan Aluminium Dengan Aditif 6 Fe - 1 Ni (%Berat). Banten: Universitas Pamulang, 167.

Khoeron, S., Syafa’at, I., & Darmanto, D. (2016). Analisis Tegangan, Defleksi, Dan Faktor Keamanan Pada Pemodelan Footstep Holder Sepeda Motor “Y” Berbasis Simulasi Elemen Hingga. Rotasi, 18(4), 124. https://doi.org/10.14710/rotasi.18.4.124-129

Maryanti, Delvitasari, F., & Winarto. (2018). Karakteristik Sifat Fisika Kompon Karet Alam Sebagai Bahan Dasar Footstep Sepeda Motor Dengan Berbagai Formula (PHYSICAL CHARACTERISTICS OF NATURAL RUBBER COMPOUND TO MOTORCYCLE FOOTSTEP WITH VARIOUS FORMULA). Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 29(1), 29–34.

Roziqin. (2012). Pengaruh Model Sistem Saluran Pada Proses Pengecoran Aluminium Daur Ulang Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan. Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim, 8(1), 33–39.

Sari, J., & Martianis, E. (2019). Analisa Getaran Footers (Pijakan) Pada Sepeda Motor Non-Matic Dengan Variasi Kecepatan. Seminar Nasional Industri Dan Teknologi (SNIT), 129–144.

Sastanegara, A. (2017). Mengenal Uji Tarik dan Sifat-sifat Mekanik Logam. 1–6.

Setiawan, H. (2015). Pengujian Kekuatan Tarik Produk Cor Propeler Alumunium. Prosiding SNATIF Kedua, 429–434.

Sufiyanto, D. A. &. (2018). Bimtek Mutu Produk Cor Baling-Baling Kapal Nelayan Hasil. 3.

Wahyuni, S., Hakim, L., & Hasfita, F. (2018). Pemanfaatan Limbah Kaleng Minuman Aluminium sebagai Penghasil Gas Hidrogen menggunakan Katalis Natrium Hidroksida (NaOH). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(2), 31. https://doi.org/10.29103/jtku.v6i2.473

Wibowo, T. N., & Pratiwi, Y. D. (2021). Pengaruh Variasi Colling pada Pengelasan GMAW Terhadap Uji Tarik dan Uji Kekerasan pada Baja ST 60. 02(01), 22–26. https://doi.org/10.35970/accurate.v2i1.578

Submitted

2024-01-17
Accepted
2024-02-26
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
M. Iqrha, Z. Abadi, R. Lapisa, and A. Kurniawan, “UJI EKSPERIMENTAL KEKERASAN DAN TARIK PADA PRODUK FOOTSTEP MOTOR BERBAHAN LIMBAH ALUMINIUM HASIL SAND CASTING”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 180-188, May 2024.