PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABSHEET PRAKTIKUM RANGKA BATANG DAN GAYA GESER PADA MATA KULIAH FENOMENA DASAR MESIN PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNP

  • Adlan Azmi Abdullah Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Praktikum, Labsheet Praktikum, Validitas, Model Plomp

Abstract

Labsheet rangka batang dan gaya geser yang tersedia pada mata kuliah Fenomena Dasar Mesin prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin FT UNP memiliki kekurangan dalam memuat isi materi pembelajaran. Sehingga penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk menyempurnakan labsheet dengan materi yang cukup dan layak. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode R&D model pengembangan Plomp, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Validasi data dilaksanakan oleh 1 orang dosen pengampu mata kuliah, 1 orang dosen ahli materi, dan 1 orang dosen ahli media dari Departemen Teknik Mesin FT UNP. Data diperoleh melalui penyerahan angket validasi kepada validator. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan penilaian skala Likert. Melalui analisis data aspek materi, diperoleh hasil dari ahli materi dengan rerata skor 3,00 atau 75,00% kategori “Layak” dan hasil dari dosen pengampu mata kuliah FDM menunjukkan rerata skor 3,23 atau 80,75% kategori “Sangat Layak”. Hasil analisis data aspek media dari ahli media menunjukkan rerata skor 3,45 atau 86,25% kategori “Sangat Layak” dan hasil analisis data dari dosen pengampu mata kuliah FDM menunjukkan rerata skor 3,06 atau 76,50% kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan ialah labsheet praktikum dikatakan “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran praktikum mata kuliah Fenomena Dasar Mesin dan dapat digunakan sebagai penelitian lebih lanjut bagi peneliti seterusnya.

References

Amien, M. (1987). Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Metode “Discovery dan Inquiry.” Jakarta : Depdikbud.

Amin, M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Responsi Pra Praktikum dan Jobsheet Terpadu Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Praktik Pengukuran Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 484. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7845

Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penulisan Modul.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fornandes, B., A, Y., Prasetya, F., & Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Cnc Kelas Xi Smk Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 10–16. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i2.202

Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969

Husein, U. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (11th ed.). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Jendriadi, J., Melati, R. R., Sukandar, W., Ismira, I., Puspita, V., Zaturrahmi, Z., Anwar, R., & Desmariani, E. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 491–499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Absolute Media.

Naufan, F., Rifelino, R., Purwantono, P., & Nabawi, R. A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 118–124. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.368

Nizwardi, J., & Ambiyar, A. (2016). Media & Sumber Belajar. In Jakarta : Kencana.

Nurhidayati. (2016). Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 [Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/117/1/SKRIPSI_NURHIDAYATI.pdf

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiarto, H. (2014). Komponen kelayakan kegrafikaan. https://adoc.pub/komponen-kelayakan-kegrafikaan.html

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Issue April). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D.

Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian. Yogayakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tjeerd, P., & Nienke, N. (2013). Educational Design Research: Part A: An Introduction. In P. T & N. N (Eds.), Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Enchede: SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Submitted

2024-01-22
Accepted
2024-02-07
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
A. Abdullah, D. Sari, R. Lapisa, and R. Rifelino, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABSHEET PRAKTIKUM RANGKA BATANG DAN GAYA GESER PADA MATA KULIAH FENOMENA DASAR MESIN PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNP”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 150-157, May 2024.