IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK MESIN BUBUT

  • Qori Oktober Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Metode Kasus, Pembelajaran Berbasis Proyek, Teknik Mesin Bubut

Abstract

Perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat akhir-akhir ini terjadi seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Di Indonesia, siswa sekarang memiliki opsi untuk melanjutkan pendidikan mereka di sekolah menengah kejuruan, yang dianggap sebagai jalur pendidikan menengah yang berfokus pada keahlian dan keterampilan praktis. Penelitian ini difokuskan untuk implementasi pembelajaran berbasis kasus dan pembelajaran berbasis proyek dalam konteks pengajaran Teknik Pemesinan di sekolah kejuruan. Penelitian ini memakai desain kuasi-eksperimen sebanyak 55 orang siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini melibatkan kelompok eksperimen yang menerima perlakukan pembelajaran basis proyek dan case method sedangkan kelompok kontrol memakai pembelajaran basis konvesional. Hasil penelitian ini memperlihatkan tidah terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelompok kontrol maupun eksperimen yang menunjukkan bahwa penerapan metode pengajaran ini tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar. Maka disimpulkan empat hal utama. Pertama, pembelajaran basis proyek dan case method berhasil diimplementasikan di SMKN 1 Lintau Buo. Kedua, hasil belajar pada kelas eksperimen sesudah menggunakan kedua model pembelajaran tersebut mencapai nilai rata-rata 82. Ketiga, aspek sikap seperti, motivasi, keaktifan, minat belajar, kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung-jawab dalam pembelajaran dievaluasi dengan rubrik nilai sikap, dengan capaian rerata sebanyak 81 untuk kelas kontrol dan 83 untuk kelas eksperimen. Keempat, keterampilan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran yang sama diukur dengan  rubrik nilai psikomotorik, dengan capaian rerata kelas kontrol 82 dan eksperimen 85. Namun, pada studi ini ditemukan pembelajaran berbasis proyek dan model kasus mampu meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, penilaian sikap, dan keterampilan serta kreativitas dalam mata pelajaran pemesinan.

References

Ahmad, S. T., Watrianthos, R., Samala, A. D., Muskhir, M., & Dogara, G. (2023). Project-based Learning in Vocational Education: A Bibliometric Approach. International Journal of Modern Education and Computer Science, 15(4), 43–56. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2023.04.04

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Apriana, D., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2019). Headmaster’s competency in preparing vocational school students for entrepreneurship. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 1316–1330.

Bommert, A., Sun, X., Bischl, B., Rahnenführer, J., & Lang, M. (2020). Benchmark for filter methods for feature selection in high-dimensional classification data. Computational Statistics and Data Analysis, 143, 106839. https://doi.org/10.1016/j.csda.2019.106839

Chika Pratama, B. (2019). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 84. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382

Hadi, B. (2022). Fenomena Learninng Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 290–296. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.262

Le, S. K., Hlaing, S. N., Ya, K. Z., & Kung, N. C. (2022). 21st-century competences vocational training and learning that technical and. Journal of Engineering Researcher and Lecturer, 1(1), 1–6.

Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based On Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621–629. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.26670

Mahendra, H., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Padakelas X Teknik Permesinan Di Smk Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 12–22. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.30

Maryanti, R., Hufad, A., Sunardi, S., Nandiyanto, A. B. D., & Kurniawan, T. (2021). Analysis of curriculum for science education for students with special needs in vocational high schools. Journal of Technical Education and Training, 13(3), 54–66. https://doi.org/10.30880/jtet.2021.13.03.006

Miranda, J., Navarrete, C., Noguez, J., Molina-Espinosa, J. M., Ramírez-Montoya, M. S., Navarro-Tuch, S. A., Bustamante-Bello, M. R., Rosas-Fernández, J. B., & Molina, A. (2021). The core components of education 4.0 in higher education: Three case studies in engineering education. Computers and Electrical Engineering, 93(June), 107278. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107278

Misbah, Z., Gulikers, J., Dharma, S., & Mulder, M. (2020). Evaluating competence-based vocational education in Indonesia. Journal of Vocational Education and Training, 72(4), 488–515. https://doi.org/10.1080/13636820.2019.1635634

Murniati, D. E., Purwanti, S., Handayani, T. H. W., Harsana, M., Razzaq, A. R., & Rohiat, M. A. (2022). The Influence of Final Project Product Development on Students’ Entrepreneurial Motivation. Journal of Technical Education and Training, 14(2), 119–132. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.02.011

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Cahyati, W. (2021). Trends of Vocational Education and Training Research in Building Construction Engineering. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 4(2), 47–52. https://doi.org/10.24036/jptk.v4i2.20723

Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M. A., Sabir, S. S., & Waseem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methods, 18, 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406919862424

Rogers, J., & Révész, A. (2019). Experimental and quasi-experimental designs. In The Routledge Handbook of Research Methods in Applied Linguistics (pp. 133–143). Taylor and Francis.

Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077

Vahlepi, S., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(3), 10153–10159.

Wang, X., Gao, T., Zhu, Z., Zhang, Z., Liu, Z., Li, J., & Tang, J. (2021). Kepler: A unified model for knowledge embedding and pre-trained language representation. Transactions of the Association for Computational Linguistics, 9, 176–194. https://doi.org/10.1162/tacl_a_00360

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Submitted

2024-01-23
Accepted
2024-02-06
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
Q. Oktober, P. Primawati, P. Purwantono, and R. Rifelino, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK MESIN BUBUT”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 131-136, May 2024.