ANALISIS PELAKSANAAN ANBK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 1 KOTA PADANG

  • Yuliani Fitri Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ekasakti
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Ishak Aziz Universitas Negeri Padang
  • Syaiful Ikhwan SMK N 1 Padang
Keywords: Pelaksanaan, ANBK, Literasi, Numerasi, SMK

Abstract

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pertama kali diterapkan pada tahun 2021, setelah Ujian Nasional (UNBK) dihapuskan. ANBK dilaksanakan pada jejang pendidikan SD, SMP, dan SMA/SMK. ANBK bertujuan untuk melihat potret kualitas pendidikan pada suatu lembaga pendidikan tersebut. Kemampuan utama yang dinilai dari siswa meliputi kemampuan literasi dan numerasi. Selain itu, survei karakter dan survei lingkungan belajar juga ditinjau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana  ANBK dilaksanakan, menguraikan faktor pendorong dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ANBK di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Snowball sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel, kemudian kuesioner, studi dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Triangulasi data kemudian digunakan untuk memverifikasi keabsahan data melalui berbagai sumber. Selanjutnya proses analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2023 SMKN 1 Padang menerapkan ANBK secara mandiri dan online. Ada tiga tahapan dalam penerapan ANBK: pra-ANBK, penerapan ANBK, dan pasca-ANBK. Tahapan pra-ANBK meliputi sosialisasi, kegiatan, pengelolaan peserta, pengelolaan personel, pengelolaan sarana, dan pengelolaan prasarana. Penerapan ANBK di SMKN 1 Padang dilakukan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Hal tersebut didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana, kesiapan guru, siswa, tenaga pendidik, teknisi dan proktor. Sedangkan kendala yang dihadapi hanya terganggunya jaringan internet ketika ujian berlangsung. Jadi, dapat disimpulkan pelaksanaan ANBK di SMKN 1 Padang berjalan dengan baik dan lancar.

References

Abdul Fitri Berlianto, H. R. P. P. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berstandar Komputer di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 739–745. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.623

Abdul Gofur, Muzakki, Slamet Riyadi, Rio Irawan, M. A. (2020). Problematika Pelaksanaan Asesmen Nasional. Manajemen Pendidikan Islam, 10(1).

Arham Rahim, L. R. (2022). Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (Anbk) Di Smp Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 33–40.

Asriyanti, I., Jana, P., Marsiyam, M., & ... (2023). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian …, 2682(2), 285–296. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/16273

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Erwin Simon Paulus Olak Wuwur. (2023). Analisis Kesiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Dasar Daerah 3T. Simpati, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.58

Fadilah, D., & Hayati, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Di Sekolah Penggerak Sdn 3 Pringgasela Selatan. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 252–264. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7143

Feriyanto, F. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristekdikti menetapkan kebijakan. Jurnal Gammath, 07(02), 86–94.

Ismail S. N, N. (2023). Menelaah dampak perubahan asesmen nasional melalui praktik supervisi pendidikan terhadap kemajuan pendidikan di indonesia. Educational Measurement: Issues and Practice, 8(1), 658–671. https://doi.org/10.1111/emip.12188

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 36–42. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000

Lembong, J., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri 2 Tombatu. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1344–1350. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/517

Lestary N. A. I & G. Hamdu. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah DasaR, 9(3), 461–470. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Madini, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Literasi Dan Numerasi SMP Dharma Wanita 9 Taman. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.693

Maghfirah, S. N. ., Firdaus, A. M. ., & Hadaming, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate Hamdana Hadaming Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), 172–192.

Mujjiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, L. P. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.

Novian Widyati, Mulyadi, H. P. S. (2023). Pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi tkj smk. EdumatiC, 4(1), 31–38.

Perdana R, M. S. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Ratnasari J.R, S. Y. . (2022). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Segiempat Dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5714

Sartianis, G., Yuliati, L., & Parno, P. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sma Kelas Xi Mipa Dalam Mata Pelajaran Fisika. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 168–176. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12765

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803–818. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1086

Submitted

2024-01-24
Accepted
2024-02-01
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
Y. Fitri, A. Ambiyar, I. Aziz, and S. Ikhwan, “ANALISIS PELAKSANAAN ANBK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 1 KOTA PADANG”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 137-143, May 2024.