UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERACANGAN DASAR TEKNIK MESIN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS CASE METHOD PADA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SOLOK

  • Vicky Prasetyo Universitas Negeri Padang
  • Arwizet Karudin Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Pekerjaan Dasar Teknik Mesin, Lesson Study, Case method

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dapat memotivasi belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat membuat suasana kelas menjadi lebih kondusif, aktif, dan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar agar hasilnya belajarnya efektif adalah lesson study berbasis case method. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PDTM kelas X SMK Negeri 2 Solok melalui lesson study berbasis case method. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 66,6%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,0%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran lesson study berbasis case method dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahyat, N. 2017. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4 (1), 24–31.”

Alfisa, Widia, and Bulkani Bulkani. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN-4 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017: Improving Learning Outcomes of Students Through the Application of Snowball Throwing M.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1): 1–7.

Ariyani, Lia, Elisa Kasli, and A Halim. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarsiswa Pada Materi Dinamika Partikelkelas X-Ipa 3 Di Man Darussalam.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2(1): 160–69.

Buchari, Agustini. 2018. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2): 106–24.

Hamid, Abd. 2019. “Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9(2): 1–16.

Haumahu, Cynthia Petra, and Kevin Hermanto Tupamahu. 2022. “Pengaruh Pemberdayaan Psikologis Dalam Meningktkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran:(Studi Empirik Pada Guru Di Kota Ambon).” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3): 1238–46.

Hendayana, Sumar et al. 2006. “Lesson Study: Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA).” UPI-Press. Bandung.

Kunandar, S Pd, and M Si. 2008. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Hidayat, J. Jasman, M. Mulianti, and B. Syahri. 2021. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Hasil Belajar Praktik Pada Mata Diklat Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat.” Vomek 2(3).

Panggabean, Ariansyah, Agung Sunarno, and Ardi Nusri. 2020. “APPLICATION OF DRIBBLING VARIATIONS BASED ON PLAYING APPROACH TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES OF SMPN 2 SECANGGANG TA 2019/2020.” Indonesia Sport Journal 3(02): 84–89.

Pitri, Alisyah, Hapzi Ali, and Kasful Anwar Us. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Kesisteman Dan Kebijakan Pemerintah (Literature Review Manajemen Pendidikan).” Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik 2(1): 23–40.

Prabowo, Angga. 2016. “Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta.” Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ristekdikti. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. kelembagaan.ristekdikti.go.id.

Saputra, Raja Marwan Indra et al. 2022. “Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method Dan Team Based Project.” ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917) 2(1): 12–16.

Senthot, Daffa Raihan, Eko Indrawan, Nelvi Erizon, and Zainal Abadi. 2022. “HUBUNGAN SELF-DISCLOSURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 5 PADANG.” Jurnal Vokasi Mekanika 4(1): 32–37.

Sobri, Muhammad, Abdul Muid, and Sulhi M Daud. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Case Method Dalam Mengatasi Demotivasi Belajar during Mata Kuliah Muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi.” AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam 2(2): 1–12.

Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1(3): 258–64.

Syahri, Budi, and Syahrial Syahrial. 2020. “Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik.” Jurnal Vokasi Mekanika 2(2): 22–30.

Yunita, Lisa, and Dadan Suryana. 2022. “Pentingnya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2): 12526–32.

Zulfawati, Zulfawati, Putri Wahyu Lestari, Anteng Kholifatul Sari Anjani, and Jeffry Handhika. 2020. “RUMAH SAINS BERBASIS SEPARATED WASTE TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA LITERASI EDUKASI PENGKATEGORIAN SAMPAH.” Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa 4(2): 190–207.

Submitted

2024-02-26
Accepted
2024-05-31
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
V. Prasetyo, A. Karudin, R. Refdinal, and P. Primawati, “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERACANGAN DASAR TEKNIK MESIN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS CASE METHOD PADA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SOLOK”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 280-285, Aug. 2024.