MINAT MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Muhammad Thoriqul Hadysyah Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Randi Purnama Putra Universitas Negeri Padang
Keywords: Minat siswa, Perguruan tinggi, Revolusi 4.0, Penyebab minat, SMK.

Abstract

Minat untuk melanjutkan studi keperguruan tinggi pada revolusi 4.0 saat ini sangat penting untuk masuk ke dunia kerja karena di butuhkan tenaga kerja dengan pendidikan yang tinggi dan wawasan yang luas, besarnya minat disebabkan oleh faktor yang menjadi pendukungnya. Telah dilakukan penelitian minat melanjutkan studi keperguruan tinggi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar minat dan seberapa besar penyebab minat siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat untuk masuk perguruan tinggi yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan memaparkan fenomena yang sedang terjadi saat ini yang akan diteliti, teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling, teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kemudian mengunakan analisis induktif atau inferensial digunakan dalam angket tertutup dengan skala likert. Hasil penelitian populasi 406, sampel 201 siswa dengan 32 pernyataan skor 1-5. Diketahui besar minat melanjutkan studi keperguruan tinggi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat presentase 43,28% kategori tinggi : kategori Sangat Tinggi 86 siswa, kategori Tinggi 87 siswa, kategori Sedang 21 siswa, kategori Rendah 6 siswa, kategori Sangat Rendah 1 siswa. Besar penyebab minat melanjutkan studi keperguruan tinggi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat disebabkan oleh motivasi siswa  presentase 51,24% kategori sanggat tinggi, cita-cita siswa presentase 41,79% kategori tinggi, kemauan siswa presentase 45,27% kategori sangat tinggi, lingkungan sekolah siswa presentase 56,72% kategori rendah, lingkungan keluarga siswa presentase 48,26% kategori sangat tinggi.

References

Afriko Rinaldo. (2022). Minat Memasuki Kuliah Di Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan Sebelum Dan Sesudah Covid-19. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang)., 8.5.2017, 2003–2005.

Andriani, L. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di SMK 4 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 119.

Az’zis Sanjani. (2018). Perbedaan Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Antara Siswa SMA Dan SMK Prayatna Medan. Tidak Di Terbitkan, 53(1).

Chandra, V. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Febrio, A., & Taali, T. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sekolah Menegah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 258–265.

Ikhsanto, L. N. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Kota Bengkulu. 21(1), 1–9.

Indricha, M. (2019). Survei Minat Olahraga Pengunjung Car Free Day Boulevard Makassar. Jurnal Minat Olahraga, 17.

Kurniawan, R., Muhlisin, M., & Pertiwi, S. W. (2022). Studi Eksplorasi Motivasi Dan Minat Siswa Smk Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi Pada Program Studi Keolahragaan Di Kabupaten Kendal. Sport Science And Education Journal, 3(1), 1–12.

Lase, I. P. S. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Keperguruan Tinggi Smk Kabupaten Nias (P. Hal.261-264). Jurnal Education And Development.

Lastya, A. (2019). Minat Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Masuk Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal Di SMK Negeri 2 Langsa. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari, 19(2), 193–214.

Lilis, S. (2020). Analisis Minat Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Ekonomi Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. 75.

Nengsy, H. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Penggunaan Teknologi Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial pada Perbankan di Tembilahan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 1–17.

Ningtyas, M. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian Industri Manufaktur. Metode Penelitian, 32–41.

Nopriyanti, W., Mailani, I., & Zulhaini. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean. Al-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–10.

Nurmalasari, N., Pendidikan Islam STITNU Al Farabi Pangandaran, M., Hidayat, T., Rosadi, I., Yunita, R., & Holisoh, E. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Study Ke Perguruan Tinggi di SMK Mu Cimerak. 2(1), 135–147.

Palgrave, T., Heritage, C., Timothy, D. J., Nyaupane, G. P., Crooke, E., Raffestin, C., Butler, S. A., Publications, S., Eldem, E., HARVEY, D. C., Gill, R., HARVEY, D. C., Castañeda, Q. E., Matthews, C. N., HARVEY, D. C., Fernández-Kelly, E. P., Shefner, J., Hampton, M., Riley, M., Geismar, H. (2010). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2010. International Journal Of Heritage Studies, 16 (1), 1689–1699.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.

Putri, W. U., Alexandro, R., & Rahmadianor, A. (2020). Minat Siswa SMA Swasta untuk Melanjutkan Keperguruan Tinggi Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(1), 57–61.

Sambaralam, M. G. (2023). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas IX SMPN 1 Lape. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 384–393.

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 155–160.

Suaema, A., Mahdi, D., & Alnursa, D. (2021). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Terhadap Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan “Dodoto,” Vol.21(No. 21), Hlm 7-18.

Suardi, S., Wahyuni, M. S., & Harianto, H. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Aplikasi Mentimeter. Com dalam Pembelajaran Daring Model Discovery Learning pada Siswa Kelas X Jurusan OTKP. Jurnal Mediatik, 5(1).

Sugiarto, A., & Adha, A. D. (2020). Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Cendekia (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran) Ikip PGRI Kalimantan Timur, 5, 14–29.

Tugiah, J. (2022). Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Dan Teknologi(Sostech), 2, 498–505.

Submitted

2024-03-16
Accepted
2024-04-29
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
M. Hadysyah, N. Erizon, B. Rahim, and R. Putra, “MINAT MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 204-212, May 2024.