UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS & HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN MEDIA SOFTWARE AUTODESK INVENTOR DI SMK NEGERI 1 GUGUK
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang upaya penggunaan media software autodesk inventor pada mata pelajaran gambar teknik guna meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ketika sedang PLK di SMK Negeri 1 Guguk, pembelajaran cenderung kaku, masih menggunakan media pembelajaran papan tulis dan modul saja, dan siswa juga kurang memperhatikan. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas X Teknik Pengelasan & Fabrikasi Logam (TPFL) di SMK Negeri 1 Guguk dengan jumlah siswa 29 orang pada bulan Februari-April 2024. Siklus dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan siklus yang berbeda. Setiap siklusnya terbagi menjadi dua kali pertemuan. Lembar tes digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk melacak bagaimana kreativitas siswa berkembang selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa proporsi kreativitas siswa siklus 1 sebesar 56,91%, siklus 2 sebesar 65,99%, dan siklus 3 sebesar 71,10%. Tujuan pembelajaran dipenuhi dengan lebih banyak keberhasilan. Hal ini ditunjukkan pada tahap-tahap berikut: siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 34,48% dengan siswa tuntas 10 siswa; siklus 2 memperoleh ketuntasan klasikal 62,07% dengan 18 siswa tuntas; dan siklus 3 memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89,66% dengan 26 siswa tuntas dari total 29 siswa. Kesimpulan dari upaya penggunaan software autodesk inventor pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPFL SMK Negeri 1 Guguk dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa.
References
Adib, Helen, S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi, 139–157.
Ambiyar. (2011). Pengukuran & Tes Dalam Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang, 243.
Andika, Y., Nurdin, H., Teknik, J., Fakultas, M., Padang, U. N., Tawar, K. A., Belajar, H., & Manufaktur, G. T. (2022). Penerapan Software Inventor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Manufaktur Kelas Xi Smk Negeri 1 Implementation of Inventor Software To Increase Learning Outcomes in Manufacturing Engineering Engineering Training Courses Class . 4(2), 97–102.
Cahyono, P. B., & Dewanto. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2014 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK PGRI 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(1), 53–61.
Fahyuni, & Istikomah. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. Nizamia Learning Center, 3(1), 168.
Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 30–33.
Ghairi, Jefri Al. Purwantono. Irzal. Bulkia, Rahim. Nelvi, E. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengelasan Mig dan Tig Pada Sambungan I Bawah Tangan. Vokasi Mekanika (VoMek), 4(3), 30–36. doi: %0A10.24036/vomek.v4i3.395
Iqbal, M., Syahri, B., & Abadi, Z. (2021). Kontribusi Kreativitas Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X Smk Contribution of Creativity in Online Learning To Student Learning Outcomes in Mechanical Engineering Drawing Subjects in Grade. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(4), 68–74.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Sifonoforos.
Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR Abdul Kadir. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.
Kurniawan, D. (2016). Penerapan Video CAD (Computer Aided Design) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Proyeksi Dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa. Journal of Mechanical Engineering Learning, 1(1), 28–41.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Marfu’ah, S. (2014). Pendidikan Kejuruan. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Universitas Negeri Yogyakarta.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas dan Bakat. PT. Gramedia.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa yang Berasal dari SMK dengan SMA pada Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(4), 16–22.
Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf
Rahim, B., Jasman, J., & Irzal, I. (2021). Validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 7(1), 78. https://doi.org/10.24036/jtev.v7i1.111977
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.