PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN

  • Habib Indra Satrianto Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
  • Afriza Media Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Teknik Pemesinan

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi, penggunaan media pembelajaran yang inovatif sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mempersiapkan peserta didik menghadapi perkembangan Revolusi Industri 4.0. Dalam konteks ini, media pembelajaran AR menawarkan pendekatan yang menarik serta memanfaatkan teknologi terkini. Tujuan penelitian ialah untuk mengembangkan media AR yang mampu meningkatkan minat, konsentrasi, dan pemahaman siswa dalam pembelajaran dasar teknik pemesinan di SMKN 5 Padang. Metode yang digunakan ialah penelitian pengembangan R&D dengan jenis pengembangan Plomp. Tahapan pengembangan meliputi investigasi awal, pembuatan prototipe, dan penilaian. Validitas media pembelajaran AR diuji oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan praktikalitasnya dievaluasi oleh guru dan peserta didik. Hasil validasi membuktikan bahwa media pembelajaran AR tersebut valid baik dari materi dan media, dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,85 dan 0,91. Selain itu, praktikalitasnya juga terbukti tinggi, dengan nilai praktikalitas oleh peserta didik mencapai 0,77 (Sangat Praktis) dan oleh guru mencapai 0,74 (Praktis). Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran AR yang dikembangkan berhasil memenuhi standar validitas dan praktikalitas, serta memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dasar teknik pemesinan di SMK N 5 Padang. Dengan demikian media pembelajaran AR ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran interaktif dan inovatif di era digital saat ini.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1 (1).

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Pengembangan kreativitas berpikir siswa di era industri 4.0 melalui perangkat pembelajaran dengan media augmented reality. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 118–129.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Jaya Pradana, Y., & Syahri, B. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMKNEGERI 1 BATIPUH USE AUGMENTED REALITY INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON BASIC MECHANICAL ENGINEERING WORK SUBJECTS AT SMKNEGERI 1 BATIPUH (Vol. 2, Issue 4).

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mustaqim, I. (2017a). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Mustaqim, I. (2017b). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Febyola, C., & Aswardi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(02), 50–55.

Prasetya, F., Fajri, B. R., Syahri, B., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality jobsheet learning media. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2020). Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender. Jurnal Tika, 5(3), 86–92.

Refdinal, R. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 1 Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 805–811.

Safitri, A., Adriani, F., & Asbari, M. (2023a). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0: Bagaimana Pola Pendidikan Tepat Bagi Generasi Mendatang? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 55–60.

Safitri, A., Adriani, F., & Asbari, M. (2023b). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0: Bagaimana Pola Pendidikan Tepat Bagi Generasi Mendatang? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 55–60.

Salsabila, P., Ali, R. P., Jannah, S. N., & Basri, M. (2023). Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Uin Su Untuk Mengembangkan Motorik Dan Menjaga Kerjasama Di Masyarakat Di Desa Punden Rejo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 522–528.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 221–231.

Waskito, W., Fortuna, A., Prasetya, F., Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., & Luthfi, A. (2024). Integration of Mobile Augmented Reality Applications for Engineering Mechanics Learning with Interacting 3D Objects in Engineering Education. International Journal of Information and Education Technology (IJIET).

Submitted

2024-05-06
Accepted
2024-05-30
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
H. Satrianto, B. Syahri, Z. Abadi, R. Wulansari, and A. Media, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 271-279, Aug. 2024.