TINJAUAN MINAT SEBAGAI FAKTOR PENDORONG MAHASISWA PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA
Abstract
Meningkatkan sumber daya manusia dan basis produksi suatu negara membutuhkan pendidikan tinggi sebagai institusi pendidikan. Berbagai tantangan yang berkaitan dengan pendidikan tinggi yang membutuhkan berbagai pendekatan perlu diatasi oleh sistem pendidikan tinggi di masa depan. Para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan setiap perubahan dan menjadi lebih mandiri. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan terobosan inovatif dalam mendorong mobilitas dan pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi di dalam negeri. Kebijakan ini merupakan sebuah upaya transformasi pendidikan tinggi agar mampu mengikuti perkembangan zaman yang semakin kompleks. Minimnya keikutsertaan mahasiswa mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka menjadi kendala utama. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara mendalam pengaruh minat mahasiswa Teknik Mesin FT-UNP sebagai faktor pendorong partisipasi mereka dalam program PMM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, studi melibatkan mahasiswa Teknik Mesin sebagai subjek penelitian, dengan proses penelitian mencakup validasi instrumen dan pengumpulan data. Analisis data dengan perangkat lunak Smart PLS dan pemodelan persamaan struktural (SEM). Dengan nilai Coefficient Path dari 0,450, t-statistics (5.870), dan p-value dari 0,00, temuan penelitian menunjukkan bahwa minat memiliki pengaruh positif dalam mendorong siswa untuk bergabung dengan Program Pertukaran Mahasiswa Gratis di Departemen Teknik Mesin FT-UNP. Minat dipicu oleh berbagai faktor, seperti informasi yang diperoleh dari media sosial, teman, dan keluarga, serta motivasi diri untuk mengembangkan diri dan memperluas wawasan. Kesimpulan analisis menegaskan peran kunci dan signifikan minat dalam mendorong partisipasi mahasiswa. Perlu dicatat bahwa penelitian ini terbatas pada satu departemen, dan generalisasi temuan perlu dilakukan dengan hati-hati
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. Retrieved from https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Castro, M. D. (n.d.). A literature review: efficacy of online learning courses for higher education instituation using meta-analysis. Education and Information Technologies, 26(2), 1367-1385. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10639-019-10027-z
Febrianto, P. T. (2023). Evaluation of MBKM Program Implementation in Elementary Schools. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(3), 509–526. Retrieved from https://doi.org/10.21107/pamator.v16i3.20278
Fuadi, T. M. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3),2747–2756. Retrieved from https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1125
Giesenbauer, B. &.-C. (2020). University 4.0: Promoting the transformation of higher education institutions toward. sustainable development. Sustainability (Switzerland), 12(8)1–27. Retrieved from https://doi.org/10.3390/SU12083371
H Hamzah, S. T. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Akademik Maahsiswa: Pengaruh Jenjang Kelas dan Latar Belakang Orang Tua. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP) 2(1), 30-35. Retrieved from https://doi.org/10.55583/jkip.v2i1.125
Ifenthaler, D. &. (2020). Utilising learning analytics to support study success in higher education: a systematic review. Educational Technology Research and Development, 68(4) 1961–1990. . Retrieved from https://doi.org/10.1007/s11423-020-09788-z
Jalinus, N. G. (2020). Riset Pendidikan dan Aplikasinya,. Padang: UNP PRESS.
Joe F., H. C. (2019). An assesment of the use of partial least squares structural equating modelling in marketing research. . Academy of Marketing Science, 40(3), 414-433.
Karno Nur Cahyo, Martini, Eri Riana. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PTBrainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), Volume1, No.1.
Laten, I. G. (2017:7). Partial least squares: konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil BelajarMata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263.
Muhibbin, S. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Perkasa.
Muskhir, M. L. (2023). Exploring iSpring Suite for Android-Based Interactive Instructional Media in Electrical Lighting Installation Subject. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 17(22), 67–84. Retrieved from https://doi.org/10.3991/ijim.v17i22.42625
Ningtyas, M. (2018). Metode Penelitian Industri Manufaktur. Metode Penelitian, 32-41.
Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanti, E. (2021). Preparing the Implementation of Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institutions. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 518,384–391. Retrieved from https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.149
Sugianto, A. &. (2020). Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Cendikia (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran) Ikip PGRI Kalimantan Timur, 5, 14-29.
Sugiyono. (2016.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:: Alfabeta.
Tan et al. (2019). Minat Konsumen membeli Produk Online Shop Ditinjau dari Kepercayaan Konsumen. 2, 26-34.
Uma, S. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis . Jakarta: Salemba Empat , 159.
Wijaya, A. (2019:10). Metode Penelitian Menggunakan SMART PLS 3. Innosain.
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.