USAHA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR DALAM TEKNIK MERANCANG DENGAN CAM DI SMK N 1 BUKITTINGGI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Abstract
Hasil belajar siswa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan belajar. Tercapainya tujuan pembelajaran pada kelas XI yang sedang belajar Teknik Merancang dengan CAM. Hal ini merupakan hasil dari implementasi model pembelajaran yang sama secara terus-menerus oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini ialah menerapkan pendekatan pembelajaran beracuan proyek untuk peningkatan ketuntasan belajar di kelas. Tiga puluh siswa kelas XI TPM 2 menjadi partisipan penelitian pada penelitian yang memakai jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitain ini selesai pada bulan April 2024 dalam 2 siklus. Hasil ujian pilihan ganda memaparkan bahwa hasil belajar di kelas mengalami peningkatan setiap siklusnya. Berdasarkan temuan penelitian dari penerapan siklus 1, siswa belajar rata-rata pada siklus 2 nilai belajar 86,1 dimana mengalami kenaikan pada siklus 1 yang sebelumnya 79. Di siklus 1 proporsi ketuntasan kelas sebesar 53%; pada siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 87%. Alat ukur penelitian ini meliputi lembar penilaian proyek, soal pilihan ganda, dan lembar observasi. KKM 80 merupakan tolak ukur keberhasilan penelitian yang ditentukan, yang mensyaratkan ketuntasan klasikal minimal 80%. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar siswa di kelas yang lebih baik dicapai pada pelajaran Teknik Merancang dengan CAM menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.
References
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Ambiyar, A., Syahri, B., Adri, J., Nurhaliza, N., & Islami, S. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 125–138.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Rineka Cipta.
Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Emputri, Y., Ambiyar, & K, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14.
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.
Indrawan, E., Jalinus, N., & Syahril. (2018). Review Project Based Learning. International Journal of Science and Research, 8(4), 1014–1018. www.ijsr.net
Nardo, D. F., Jalinus, N., & K, A. (2019). Penerapan Project Based Learning Berbasis Grasps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mpmb Kelas Xi Smk Semen Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.26
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Ningsih, D. H. U. (2005). Computer Aided Design / Computer Aided Manufactur [CAD/CAM]. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, x(No. 3), 143–149.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Belajar.
Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Refdinal, R., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. (2019). Assessment Methods with Gradations of Answers on Learning through E-Learning. March. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.31
Septiana, R., Ngadiman, & Elvia, I. (2013). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Wonosari., 2(1), 107–118.
Sukma, A. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis). Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 1. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3871
Syahri, B., Syahril., & Yuliana. (2015). Strategi Pembelajaran Problem Solving di SMK N 10 Padang. In: 3 Rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET): Technical and Vocational Education and Training for Sustainable Societies, 16–17(Oktober), 124–128.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Thames, L., & Schaefer, D. (2016). Software-defined Cloud Manufacturing for Industry 4.0. Procedia CIRP, 52, 12–17.
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.