PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PENGELASAN VIRTUAL REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN SMAW KELAS XI TPM SMK NEGERI 5 PADANG

  • Ardiansyah Syaputra Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Teknik Las, Media Pembelajaran, Shield Metal Arc Welding (SMAW), Welding Virtual Reality , Hasil Belajar.

Abstract

Masih banyak siswa yang kesulitan dalam mencapai pembelajaran yang optimal pada mata pelajaran teknik pengelasan shield metal arc welding (SMAW). Selain itu, siswa juga kurang memahami bahan-bahan las busur, termasuk cara penggunaan alat dan cara penggunaannya. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana media pembelajaran virtual reality (VR) mempengaruhi pengaruh belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pengelasan SMAW di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Pengelasan VR digunakan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan 1 kelas penelitian dan 1 kelas pemantauan, dengan jumlah siswa di kelas penelitian sebanyak 33 siswa dan kelas pemantauan berjumlah 34 siswa. Untuk mengetahui kemampuan keterampilan siswa, pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan evaluasi pretest dan posttest. Selain itu dilakukan uji prasyarat guna menguji homogenitas dan normalitas data perolehan belajar siswa. Hasil eksperimen mengindikasikan bahwa uji t memunculkan nilai signifikansi dua sisi sejumlah 0,007 makin rendah daripada 0,05. Rata-rata persentase kelas penelitian sejumlah 80,06 dan rata-rata persentase kelas pengawasan sejumlah 75,88. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan media pembelajaran virtual mampu mempengaruhi hasil belajar siswa kelas penelitian.

References

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bari, F., Syarif, C. R., & Hidayatullah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 2(2), 176–191.

Budi, S., Syahrul, S., & Herki, M. (2019). Hubungan Persepsi Peserta didik Terhadap Sarana Belajar Gambar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Padakelas X Teknik Permesinan Di Smk Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 12–22. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.30

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Dikdas, 1–8.

Gall & Borg. (2003). Educational Research An Introduction. David Mckay Company.

Hamzah B.Uno. (2007). Model Pembelajaran.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Sifonoforos.

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali Pers.

Nanda, G., Karudin, A., Rahim, B., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Belajar, H., Method, C., Learning, P. B., & Teknik, D. K. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin Kelas X Di SMK NEGERI 2 Payakumbuh. 5(1), 97–102.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Parameswari, C. (2008). Implementasi Lingkungan Virtual Reality pada Aplikasi Bersepeda di UI dengan Memanfaatkan Kacamata Wireless 3 Dimensi E-Dimensional unutk PC. Skripsi. Universitas Indonesia, 5–8. lib.ui.ac.id/file?file=digital/124508-R230818.pdf

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahapeserta didik Yang Berasal Dari Smk Dengan Sma Pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Jurnal Vokasi Mekanika, 16–17.

Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A. (2013). Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Teknik Pomits, 2(2), 397–400.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK) 2014, 2014(November), 179–184.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Waskito. (2016). Waskito dkk. 2016. Kontribusi Minat Kerja dan penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Peserta didik Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, Fakultas. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.

Zikri. (2016). Wooden House” Sebagai Media Pembelajaran Introduksi Bangun Ruang Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII-I SMP NEGERI 1 Labuhan Haji Timur. 3.

Submitted

2024-05-16
Accepted
2024-05-24
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
A. Syaputra, F. Prasetya, I. Irzal, and A. Kurniawan, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PENGELASAN VIRTUAL REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN SMAW KELAS XI TPM SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 266-270, Aug. 2024.