PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO
Abstract
Proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PDTM di SMKN 2 Sawahlunto masih dilaksanakan menggunakan metode konvensional serta penggunaan media pembelajaran belum dimanfaatkan, membuat proses belajar jadi membosankan, sehingga tekad belajar siswa menurun dan siswa bersikap pasif. Tujuan dalam riset ini yaitu guna melihat kepatutan dan efektifitas media pembelajaran berbentuk power point yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan adalah R&D dengan Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah peserta siswa kelas X TPM 2 SMK Negeri 2 Sawahlunto. Sedangkan objek dalam riset ini ialah produk berupa media pembelajaran berbasis power point pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Hasil penelitian dalam pengembangan ini ialah media pembelajaran berbasis power point. Hasil uji validitas ahli materi dan media di peroleh nilai sebesar 0,894 dan 0,9 yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat valid. Dan hasil anlisis angket penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 83% yang menyatakan media pebelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat baik. Serta hasil efektivitas pembelajara didapat adanya kenaiakan nilai siswa antara pretest dan posttest dengan perbandingan nilai 60,44 dan 81,32 yang dapat dikatakan media pembelajaran yang dibuat efektif digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat dirangkum bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis power point efektif dan cocok dipakai dalam membantu proses belajar di sekolah.
References
Afriani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1186. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba Dipantara.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Khusna, N. J. A. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional Quotient (EQ) Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al Maarif 01 Singosari Malang. Universitas Islam Malang.
Muniarti, & Usman. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Cita Pustaka Media.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 172. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. International Conference on Technical and Vocation Education and Training, 204–208. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16262
Ristadi, F. A., & Ngadiyono, Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis CTL untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Berbantuan Komputer (CAD) Siswa SMK. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(1), 73.
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.