PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

  • Dicky Pratama Fernando Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Power Point, PDTM, SMK Negeri 2 Sawahlunto

Abstract

Proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PDTM di SMKN 2 Sawahlunto masih dilaksanakan menggunakan metode konvensional serta penggunaan media pembelajaran belum dimanfaatkan, membuat proses belajar jadi membosankan, sehingga tekad belajar siswa menurun dan siswa bersikap pasif. Tujuan dalam riset ini yaitu guna melihat kepatutan dan efektifitas media pembelajaran berbentuk power point yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan adalah R&D dengan Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah peserta siswa kelas X TPM 2 SMK Negeri 2 Sawahlunto. Sedangkan objek dalam riset ini ialah produk berupa media pembelajaran berbasis power point pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Hasil penelitian dalam pengembangan ini ialah media pembelajaran berbasis power point. Hasil uji validitas ahli materi dan media di peroleh nilai sebesar 0,894 dan 0,9 yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat valid. Dan hasil anlisis angket penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 83% yang menyatakan media pebelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat baik. Serta hasil efektivitas pembelajara didapat adanya kenaiakan nilai siswa antara pretest dan posttest dengan perbandingan nilai 60,44 dan 81,32 yang dapat dikatakan media pembelajaran yang dibuat efektif digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat dirangkum bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis power point efektif dan cocok dipakai dalam membantu proses belajar di sekolah.

References

Afriani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1186. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba Dipantara.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Khusna, N. J. A. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional Quotient (EQ) Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al Maarif 01 Singosari Malang. Universitas Islam Malang.

Muniarti, & Usman. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Cita Pustaka Media.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 172. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. International Conference on Technical and Vocation Education and Training, 204–208. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16262

Ristadi, F. A., & Ngadiyono, Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis CTL untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Berbantuan Komputer (CAD) Siswa SMK. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(1), 73.

Submitted

2024-05-30
Accepted
2024-06-13
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
D. Fernando, P. Purwantono, W. Waskito, and Z. Abadi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 303-308, Aug. 2024.