PENGARUH BUDAYA KERJA 5R RAPI, RINGKAS, RESIK, RAJIN, RAWAT TERHADAP SOFTSKILL SISWA SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN

  • Gilang Sanjaya Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
  • Fiki Efendi Universitas Negeri Padang
Keywords: Budaya Kerja, Budaya Kerja 5R, Keterampilan Bekerja, Sekolah Kejuruan, Softskill

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam memanajemen peralatan pada saat praktik, keteledoran siswa dalam menjaga peralatan bengkel serta tidak menjaga kerapian bengkel sehingga dianggap softskill siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat serta mendeskripsikan pengaruh budaya kerja 5R terhadap Soft Skills siswa SMK N 2 Tembilahan. Jenis penelitian ini menggunakan expost-facto dengan sample penelitian sebanyak 20 siswa kelas XI jurusan teknik mesin SMK N 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala liker. Teknik analisis data menggunakan software SPSS dengan analisis regresi yang mencari pengaruh antar variabelnya. Hasil dalam penelitian ini nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,018 (sig. < 0,05), menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil uji signifikansi menggunakan uji t thitung sebesar 6,217 sedangkan ttabel sebesar 2,861 artinya, variabel budaya kerja 5R memiliki pengaruh yang signifikan terhadap soft skills siswa SMK teknik pemesinan. Pengaruh ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinan R2 sebesar 0,301 atau 30,1%, menunjukkan bahwa variabel budaya kerja 5R memberikan kontribusi sebesar 30,1% terhadap soft skills siswa SMK teknik pemesinan, sementara sisanya mungkin dipengaruhi oleh variabel lain. Demikian berdasarkan uji regresi yang dilakukan dapat disimpulkan hipotesis diterima sehingga dideskripsikan bahwa terdapat pengaruh signifikan budaya kerja 5S terhadap softskill siswa SMK N 2 Tembilahan.

References

Fajri, Husnul, Purwantono, and Rizky Ema Wulansari. 2023. “Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam Di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.” Jurnal Penelitian Guru Indonesia 3(September 2023):908–20.

Fajri, Redha Nuzul, Syahril Syahril, and Purwantono Purwantono. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mata Studi Gambar Teknik Manufaktur Kelas Xi Tp 1 Smk N 1 Sumatera Barat Bersamaan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(4):90–97. doi: 10.24036/vomek.v4i4.464.

Haq, Hafizil, Purwantono Purwantono, Irzal Irzal, and Bulkia Rahim. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(1):89–93. doi: 10.24036/vomek.v4i1.310.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, and Andi Prastowo. 2019. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 10(1):26–50. doi: 10.31942/mgs.v10i1.2714.

Hendarsyah, Decky. 2019. “E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 8(2):171–84. doi: 10.46367/iqtishaduna.v8i2.170.

Lukum, Astin. 2019. “Pendidikan 4.0 Di Era Generasi Z: Tantangan Dan Solusinya.” Pros.Semnas KPK 2:13.

Mahasin, Ahmad, and Suyitno. 2022. “Pengaruh Budaya Industri 5R/S Terhadap Peningkatan Efektivitas Praktik Siswa Kelas XII Ototronik 4, Di Laboratorium SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen.” Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 17(01):29–37.

Manullang, Dapot, Tua, Dearlina Sinaga, Sahlan Tampubolon, and Adelina, Artauli Sinaga. 2023. “Pengaruh Soft Skill Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2022/2023.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(2):6160–74.

Nugroho, Wachid. 2022. “Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan.” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2(1):73–84. doi: 10.51878/vocational.v2i1.936.

Purwantono, Purwantono, Syahrul Syahrul, and Junil Adri. 2018. “Pengaruh Perubahan Debit Aliran Terhadap Putaran Turbin Banki Dan Kaplan.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):13–18. doi: 10.24036/invotek.v18i1.173.

Saputro, Rian Dwi Aji. 2020. “Pengaruh Kesiapan Fasilitas Bengkel Dan Budaya Kerja 5R Terhadap Soft Skill Siswa SMK Teknik Permesinan Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiana, Devalia. 2018. “The Influence of Emotional Intelegence, Self-Efficacy, and Altruism on Teacher’s Competence in Inclusion Elementary School.” Jurnal Prima Edukasia 6(2):147–56. doi: 10.21831/jpe.v6i2.14413.

Suandi, Suandi, Muhlisin, Afi Rahmat Novandy , Rachma, N. Slamet, Nurjoko- Nurjoko, Sushanty Saleh, Sifaul Khoiri, Bagus Hanif Hidayattullah, Muhammad Furqoni, Haeny Salfian, Lina Aryani Wida Lestari, Eka Yulyana, and Hardiyansyah. 2020. “Rancang Bangun Sistem Informasi Kependudukan Desa Bangun Rejo Berbasis E-Government.” Journal PPS UNISTI 3(2):1–12.

Sulistyanto, Sulistyanto, Farid Mutohhari, Andi Kurniawan, and Dianna Ratnawati. 2021. “Kebutuhan Kompetensi Di Era Revolusi Industri 4.0: Review Perspektif Pendidikan Vokasional.” Jurnal Taman Vokasi 9(1):25–35.

Waskito, Rizky Ema Wulansari, Budi Syahri, Nelvi Erizon, Purwantono, Yufrizal, and Tee Tze Kiong. 2023. “Countenance Evaluation of Virtual Reality (Vr) Implementation in Machining Technology Courses.” Journal of Applied Engineering and Technological Science 4(2):825–36. doi: 10.37385/jaets.v4i2.1917.

Yones, Defra, Purwantono Purwantono, Jasman Jasman, and Eko Indrawan. 2022. “Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Lulusan Sma Dan Smk Pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Ft-Unp.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(2):1–5. doi: 10.24036/vomek.v4i2.289.

Submitted

2024-06-06
Accepted
2024-07-23
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
G. Sanjaya, P. Purwantono, Z. Abadi, and F. Efendi, “PENGARUH BUDAYA KERJA 5R RAPI, RINGKAS, RESIK, RAJIN, RAWAT TERHADAP SOFTSKILL SISWA SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 329-333, Aug. 2024.