MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa dalam konsep menggambar mesin dalam pemanfaatan software Computer Aided Design (CAD) mata pelajaran gambar teknik manufaktur yang disebabkan belum optimalnya penerapan model pembelajaran sehingga hasil belajar yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitan ini untuk melihat apakah penerapan model Project Based Learning (PBL) mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini merupakan peneltian quasi-eksperimen dengan menggunakan pre eksperiment one group pretest posttest. Subjek Penelitian yaitu kelas XI TPM SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan jumlah 20 orang siswa. Pada uji pretest dilakukan sebelum diberikan penerapan model pembelajaran PBL dan uji posttest dilakukan setelah diterapkan model pembelajaran project based learning, teknik yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian yaitu teknik uji f. Hasil data penelitian dengan rata rata skor pada uji posttest yaitu 71,94 lebih tinggi dibandingkan pada kelas pretest yaitu 58,38. Berdasarkan uji hipotesis pada uji f diperoleh nilai sig 0,00 < sig 0,05 dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antarra model project based learning terhadap peningkayan hasil belajar gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Arwizet, K., & Saputra, P. G. (2019). Improvement of Student Learning Outcomes through the Implementation of Collaborative-Think Pair Share Project Based Learning Model on Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012084. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012084
Azhar, A., Ambiyar, A., Irzal, I., & Mulianti, M. (2022). Hubungan Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua dan Ekspektasi Kerja terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNP. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(4), 104–110. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.471
Azura, M. R., & Hambali, H. (2023). Pembuatan Modul Gambar Teknik Listrik Berbasis Autocad di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 323–330. https://doi.org/10.24036/jpte.v4i1.252
Candra, Y. E., A, Y., Irzal, I., & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator CNC 2 Axis terhadap Hasil Belajar Mata Diklat CNC Dasar Siswa di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 15–19. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.19
Daaming, H., Samintang, & Rus’an. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPS di SMA Negeri 1 Sarjo Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol3.Iss1.48
Isral, I., Waskito, W., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.18
Khairunisa, T., Dhenti, S., Pratiwi, I., Mustikasari, N., R, R. H., & Putra, A. K. (2021). Analisis reseliensi pembelajaran daring berbasis problem based learning di masa pandemi COVID-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 773–779. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p773-779
Khardin, A., Suparno, S., Primawati, P., K, A., Refdinal, R., & Yufrizal, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 73–85. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.76
M. Zakariah, A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Oky Erlangga, Arwizet K, & Purwantono. (2020). Studi Perbandingan Hasil Praktikum Pembelajaran Project Based Learning dengan Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Journal of Social and Economics Research, 2(2), 110–123. https://doi.org/10.54783/jser.v2i2.47
Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91
Ritonga, A. K. (2022). Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru di bidang Pendidikan Kejuruan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3042
Sihombing, S. M. R., Sihombing, S., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(6). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i4.367
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3). https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003
Syahril, S., Nabawi, R. A., & Safitri, D. (2021). Students’ Perceptions of the Project Based on the Potential of their Region: A Project-based Learning Implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314. https://doi.org/10.3926/JOTSE.1153
Zulfania, S. (2021). Analisis Rumusan Visi, Misi, Dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2529
Basilotta Gómez-Pablos, V., Martín del Pozo, M., & García-Valcárcel Muñoz-Repiso, A. (2017). Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Computers in Human Behavior, 68, 501. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056
Meyer, K., & Wurdinger, S. (2016). Students’ Perceptions of Life Skill Development in Project-Based Learning Schools. Journal of Educational Issues, 2(1), 91. https://doi.org/10.5296/jei.v2i1.8933
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.