IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM

  • Junil Adri Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Fina Arfianti Universitas Negeri Padang
Keywords: Problem Based Learning, Action Research, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning yang diharapkan pada mata pelajaran dasar perlakuan logam. Berdasarkan survei peneliti, tampak bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, melamun, bermain hand phone, ribut, dan sibuk sendiri dengan kegiatannya. Dari total 27 siswa hanya 10 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi pada peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang diharapkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2023. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya dan untuk pengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 61,93% dan pada siklus II adalah 80,03%. Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 59,25% dengan 16 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 81,48% dengan 22 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata diklat proses dasar perlakuan logam di kelas X TPM SMK Muhammadiyah 1 Padang.

References

Adri, J., & Abdullah, A. S. (2022). Critical Thinking Skills in Performance-Based Assessment: Instrument Development and Validation. Journal of Technical Education and Training, 14(1), 90-99.

Agustin, A., Malini, S., Indriani, R. R. F., Hatidah, H., & Purwanto, M. B. (2023). Pelatihan Pengolahan Data Statistik untuk Mahasiswa. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 7-12.

Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7286-7291.

Azis, Z. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Autentik pada Matakuliah Analisa Kompleks.

Barnawi, B., Junaedi, J., & Rido, R. (2019). Improve Teachers' Ability in Compiling Classroom Action Research Through Workshop Activities. Action Research Journal Indonesia, 1-12.

Fitri, S. E., & Ferza, R. (2020). Dinamika, Problematika, Dan Implikasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Plastik Di Daerah. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 11-24.

Hmelo, C. E., & Ferrari, M. (1997). The problem-based learning tutorial: Cultivating higher order thinking skills. Journal for the Education of the Gifted, 20(4), 401-422.

Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Ajimat, A., & Purnomo, L. I. (2020). Statistik Deskriptif. Universitas Pamulang: Banten.

Kamsono, K. (2022). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 5 KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 755-764.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.

Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1-13.

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Permana, T. R., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2019). Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Yang Sudah Melaksanakan Praktik Kerja Industri. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(1), 118-123.

Rowley, J. (2003). Action research: an approach to student work based learning. Education+ Training, 45(3), 131-138.

Siona, P., & Rustandi, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Di SMK Letris Indonesia 1 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 18-33.

Slamet, P. (2013). Pengembangan SMK Model untuk masa depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200.

Submitted

2024-06-10
Accepted
2024-06-14
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
J. Adri, A. Ambiyar, B. Rahim, and F. Arfianti, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 315-320, Aug. 2024.