PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK

  • Benni Benni Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Wulansari Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Sri Riski Putri Primandari Universitas Negeri Padang
Keywords: Video Tutorial, Mesin Bubut, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran  adalah alat yang menyediakan materi agar mudah dipahami dan dipelajari secara lebih efektif dan menarik guna mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan Pengamatan  yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Padang menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional seperti ceramah dan buku cetak masih sering digunakan, tetapi efektifnya  hanya pada tahap awal pembelajaran. Setelah itu, siswa cenderung lupa langkah-langkah pekerjaan dan kurang termotivasi, yang dapat mengakibatkan hasil belajar rendah. Studi ini bermaksud melihat bagaimana pemanfaatan  media dalam proses pembelajaran  berbasis video tutorial terhadap prestasi belajar siswa teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Desain penelitian Quasi Experiment dipakai dalam penelitian ini. Jumlah subjeknya  adalah 62 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata  siswa di kelas eksperimen adalah 76,71, sedangkan dikelas kontrol  64,71 dari nilai tersebut dapat diperoleh bahwa nilai rata rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Untuk kedua kelompok kelas dengan melakukan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,050. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 5,690 >  t tabel. 2,0003. Dengan temuan yang telah dilakukan  dapat ditarik kesimpulan bahwa  penerapan  media pembelajaran menggunakan tutorial  video memiliki dampak yang baik pada hasil belajar siswa.

References

Ananda, M. R., & Suparno. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Bukittinggi. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 744–749. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/123

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Penerapan Media Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sekolah Dasar Pada Era Merdeka Belajar Application of Innovative Media in Improving Mathematics Learning of Elementary School Fraction Materials in the Independent Era of L. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 81–92. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd

Darmisih, D., Siswanto, E., & Prakoso, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Base Learning di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Islamika,5(3),1018–1029. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3527

Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sejarah Artikel: Influence of Video-Based Learning Media to Student Learning Outcomes. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://ejournal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala

Guci, N. V., Syahri, B., Rahim, B., Afnison, W., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., & Pembelajaran, V. (2023). Praktikalitas Video Pembelajaran Inventor Di SMK Negeri 1 Padang .The Practicality Of Inventor Learning Videos At Smk Negeri 1 Padang. 5(4), 425–432.

Hutabri, E. (2019). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(2), 57–62. https://doi.org/10.37058/innovatics.v1i2.932

Jasmin, N., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JOTE (Journal On Teacher Education), 4(1), 667–684.

Lail, H., Erizon, N., Wulansari, R. E., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Intelektual, K., & Belajar, P. (2023). Hubungan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar the Relationship of Intellectual Intelligence To Mechanical. 5(1).

M, Robert. (2019). Rancangan Penelitian, Desain Penelitian, Variabel Penelitian, Populasi dan Sampel, serta Teknik pengumpulan data. Jurnal Artikel, 22–38.

Majid, M. A. (2023). Problematika Pendidikan di Indonesia sebagai Negara Berkembang. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam,4(1),2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika,4(2),59–64 http://vomek.ppj.unp.ac.id/.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Pratiwi, M. A., & Jasril, I. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika),7(4),122. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106501

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa Yang Berasal Dari Smk Dengan Sma Pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Training, 16–17.

Qomar, N. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Rasyid, F. Al, Primawati, P., Irzal, I., & Rifelino, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pdtm Di Smk Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek),4(1),65–69. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.294

Safrida, L. N., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas Ix Smp Negeri 7 Jember. Kadikma, 6(1), 25–38.

Suci, N., Putri, R., Syahri, B., Adri, J., (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Gambar Teknik Manufaktur Implementation Of Project-Based Learning In Improving Student Learning. 6(1), 51–56.

Surat, I. M., Edi, I. W., Suandana, A., & Budiarti, I. D. (2024). Widyadari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Soal Hots Pada Materi Spltv Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xf SMA Negeri 2 Abiansemal.25(1),39–48. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3652

Syahri, B. (2020). Relationship Level Of Creativity With The Result Of Subjects. 2(2). Journal Homepage: Http://Vomek.Ppj.Unp.Ac.Id, 2(2), 22–30.

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 8. http://eprints.umsida.ac.id/3723/.

Submitted

2024-06-12
Accepted
2024-07-18
Published
2024-08-31
How to Cite
[1]
B. Benni, R. Wulansari, B. Syahri, and S. R. Primandari, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK”, Vomek, vol. 6, no. 3, pp. 334-340, Aug. 2024.