HUBUNGAN DISPLIN DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PDTM PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SOLOK

  • Zulfikra Rendi teknik mesin
  • Jasman Jasman
  • Ambiyar Ambiyar
  • Nelvi Erizon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin dengan hasil belajar pada mata pelajaran PDTM kelas X SMK Negeri 2 Solok. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat hubungan yang berarti antara disiplin dengan hasil belajar mata pelajaran PDTM kelas X SMK Negeri 2 Solok. Jenis penelitian bersifat kolerasional dengan pendetakan kuantitatif yaitu mengganbarkan tentang hubungan disiplin dengan hasil belajar pada mata pelajaran PDTM  kelas X di SMK Negeri 2 Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Solok yang berjumlah 88 orang dan menjadi sanpel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang yang diambil yang diambil dengan menggunakan teknik propotinate stratified random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angkat model skala likert. Yang telah dilakukan uji validasi dan reabilitasnya dan hasilnya valid dan reabel. Data dianalisis dengan menggunakan rumus kolerasional product  moment. Aplikasi SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data korelasi yang diperoleh nilai hasil pengujian menunjukkan nilai korelasi (r) sebesar 0.406. .Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung > r tabel, dan nilai r tabel sebesar 0.2181.Maka dapat disimpulkan bahwa 0.406 > 0.2181 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti disiplin dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang sedang dengan taraf signifikan atau tingkat kepercayaan 95%. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PDTM kelas  X di SMK Negeri 2 Solok.

Submitted

2019-12-11
Accepted
2020-01-20
Published
2020-01-22
How to Cite
[1]
Z. Rendi, J. Jasman, A. Ambiyar, and N. Erizon, “HUBUNGAN DISPLIN DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PDTM PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SOLOK”, Vomek, vol. 2, no. 1, pp. 20-29, Jan. 2020.