The Effect Of Independence And Discipline Using The Project Based Learning Model On Learning Outcomes In The Practice Of Welding Subjects Of Grade XI Students Of SMK Negeri 2 Kota Bengkulu

  • Rahmat Mardiansyah Puta Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Influence, Project Based Learning, Independence, Discipline, Learning Outcomes

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa menggunakan model project based learning pada praktik mata pelajaran las smaw kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. (2) Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model project based learning pada praktik mata pelajaran las smaw kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu, dan (3) Bagaimana pengaruh kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model project based learning pada praktik mata pelajaran las smaw kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemandirian siswa menggunakan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran las SMAW kelas XI TLAS  di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa menggunakan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran las SMAW kelas XI TLAS  di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh Kemandirian dan Kedisiplinan siswa menggunakan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran las SMAW kelas XI TLAS di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menerapkan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif . Sampel pada penelitian yang dilaksankan yaitu dengan berjumlah Sebanyak 16 siswa kelas XI TLAS SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Angket kedisiplinan dan kemandirian menggunakan skala likert digunakan sebagai instrumen selain soal tes untuk mengumpulkan data. Data dianalisis melalui analisis korelasi dan regresi berganda.

References

Agus S., S. T., & Pramono, J. (2019). Teknik Pengelasan SMAW Kelas XI SMK/MAK.

Andriani, S., & Kartika, L. (2021). "Pengembangan desain penelitian dalam riset pendidikan: Pendekatan korelasional dan eksperimental". Buku ini menjelaskan bagaimana desain penelitian dapat diadaptasi dalam konteks penelitian pendidikan untuk menunjukkan hubungan antar variabel.

Bosica, J., & Seibert, J. (2021). Effectiveness of Problem Based Learning in Enhancing Student Engagement and Achievement. Journal of Educational Research, 12(3), 154–162.

Fathiyah, N. (2019). Kualitas Soal Ujian: Validitas, Reliabilitas, dan Tingkat Kesukaran. Jurnal Evaluasi Pendidikan.

Fatimah, S., & Alfath, A. (2019). “Indeks Daya Beda dalam Ujian”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, N., & Pratama, D. (2023). Teknik uji normalitas dalam penelitian kuantitatif: Pengantar untuk pemula. Jurnal Penelitian Statistik, 12(1), 45-58.

Hastuti, S. (2023). Korelasi dalam Pendidikan: Teori dan Praktik. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Murtini, S., & Sumarni, T. (2022). Analisis Korelasi antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Nordstokke, D. W., & Zumbo, B. D. (2020). A new nonparametric Levene test for equal variances. Journal of Statistical Planning and Inference, 207, 75–87. https://doi.org/doi:10.1016/j.jspi.2018.12.005.

Oknaryana, O., & Irfani, O. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 261–270. https://doi.org/DOI: 10.24036/jmpe.v5i2.13152

Priyono, A., & Syarifuddin, A. (2023). Pendidikan vokasi dan relevansinya dengan dunia kerja di era digital. Yogyakarta: Deepublish.

Rambe, M., & Ristiono, A. (2022). Uji Praktikalitas dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 78–85.

Rahmat, T., & Wahyuni, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas tes dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 45-56.Rambe, M., & Ristiono, A. (2022). Uji Praktikalitas dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 78–85.

Sari, C. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 12 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Widiastuti, A., & Suhartono, E. (2019). "Pengukuran validitas butir soal dalam evaluasi pendidikan". Artikel ini mengkaji berbagai metode untuk mengukur validitas butir soal dan bagaimana validitas tersebut dapat memengaruhi hasil pengukuran yang diinginkan.

Wulandari, T., & Setiawan, H. (2020). "Penerapan disiplin sekolah sebagai upaya meningkatkan ketaatan siswa". Penelitian ini berfokus pada pentingnya pengawasan dan penerapan aturan yang konsisten dalam meningkatkan ketaatan siswa.

Yanuardi, R. (2022). Analisis Kompetensi SMK Teknik Pemesinan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yusuf, R., & Indrayani, D. (2023). Metode korelasional dalam penelitian kuantitatif: Sebuah tinjauan teoretis dan praktis. Jakarta: Kencana.

Zaputra, H., Et, & Al. (2022). Kemudahan Penggunaan Produk dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 67–72.

Submitted

2024-10-22
Accepted
2024-10-29
Published
2025-02-28
How to Cite
[1]
R. Puta, B. Rahim, J. Jasman, and Z. Abadi, “The Effect Of Independence And Discipline Using The Project Based Learning Model On Learning Outcomes In The Practice Of Welding Subjects Of Grade XI Students Of SMK Negeri 2 Kota Bengkulu”, Vomek, vol. 7, no. 1, pp. 62-69, Feb. 2025.