Development Of Video Tutorial-Based Learning Materials In The Turning Technique Subject At SMKN 1 Padang
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMKN 1 Padang masih menggunakan metode konvensional sehingga penggunaan media pembelajaran belum dimanfaatkan dengan sangat baik, sehingga pembelajaran tersebut menjadi membosankan bagi siswa dan motivasi belajar pada siswa menurun dan siswa cenderung bersikap pasif pada proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk melihat ke praktisan dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) model IDI dengan subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Padang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis video tutorial. Hasil uji validitas ahli materi dan media diperoleh nilai sebesar 0,92 dan 0,865 yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat valid. Dan hasil analisis angket penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 91,7% yang dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori yang sangat baik. Serta hasil efektivitas pembelajaran didapat adanya kenaikan nilai siswa antara pretest dan posttest dengan perbandingan nilai 16,7% dan 83,3% yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat sudah efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial sudah efektif dan sudah sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran disekolah pada mata pelajaran pemesinan bubut.
References
Adisasongko, N. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 829–834.
Ananda, M. R., & Suparno. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Bukittinggi. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 744–749.
Arikunto, S. (2006). 2010 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
Data, A. (2014). Teknik Pengumpulan Data. Jurnal Pendidikan Mipa Susunan Redaksi, 4(2), 11.
Hananta, R. O., & Sukardi, T. (2018). Pengembangan Model Media Video pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Bubut. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21409
Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pendidikan, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.806
Laumma, M. A., Yunus, K., & Haslinda, H. (2024). Analisis Perawatan Mesin Bubut Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada CV. Sumber Jaya Makassar. Jnsta Adpertisi Journal, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.62728/jnsta.v4i1.517
Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).
Pramudito, A. (2013). Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1–12.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahman, A. (2024). Penembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Padang. Fakultas Teknik.
Rifandi, R., Ahmad, D., & Gusteti, M. U. (2020). Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 27–33.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Supriyatna, A., Abdillah, H., & Abizar, H. (2023). Potret Pelaksanaan Pembelajaran SMK Teknik Pemesinan Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Vocational Education National Seminar, 2(1), 45–50.
Submitted
Copyright (c) 2025 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.