UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAS DASAR LISTRIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS X SMK DHUAFA PADANG

  • Fadhli Almi Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Abdul Aziz Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang

Abstract

Pekerjaan Mesin Umum (Las Dasar Listrik) dirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima siswa dari timbul kebosanan dalam belajar, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata Pengelasan Dasar Listrik Kelas X  di SMK Dhuafa Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan subjek penelitian adalah siswa Kelas X  Permesinan pada semester ganji Tahun Pelajaran 2019/2020  dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes di akhir siklus, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik penafsiran skor acuan kriteria. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa Kelas X SMK Dhuafa Padang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining meningkat dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 40,00% dan pada siklus II meningkat manjadi 85,00% sehingga ketuntasan hasil belajar dapat mencapai ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat meningkat

Submitted

2020-01-24
Accepted
2020-01-28
Published
2020-01-22
How to Cite
[1]
F. Almi, N. Erizon, A. Aziz, and J. Jasman, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAS DASAR LISTRIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS X SMK DHUAFA PADANG”, Vomek, vol. 2, no. 1, pp. 60-66, Jan. 2020.