HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA DIKLAT PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Rendahnya motivasi siswa terhadap pelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, dan dipengaruhi juga dengan minimnya penggunaan media pembelajaran di sekolah yang beribas terhadap variasi terhadap pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1, X TPM 2 yang total siswa berjumlah 70 siswa di Jurusan Teknik Permesinan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini 38 orang yang tersebar di 2 kelas yaitu kelas X TPM 1, dan X TPM 2 yang berjumlah 32 siswa Jurusan Teknik Permesinan. Penelitian data dilakukan melalui Instrumen Angket. Analisis data uji validitas, uji normalitas, uji reliabilitas,uji multikorelinearias, mean, median, modus, standar deviasi, serta tingkat pencapaian, data yang terkumpul tersebut di olah dan di analisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16 for windows dan Microsoft Excel. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X TPM pada mata diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang.