PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KETERAMPILAN, DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 BATIPUH

  • M. Agus Trian Putra Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang

Abstract

Banyaknya hasil belajar siswa yang masih belum dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 terbukti dari hasil pre-test siswa . hal ini terjadi karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar yang berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, keterampilan siswa setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh dan Meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan keaktifan dan keterampilan belajar siswa setiap siklusnya dan untuk mengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Analisis rata-rata Keaktifan siklus I adalah 58,82% dan siklus II adalah 85,29%. Analisis rata-rata siklus I adalah 61,76% dan siklus II adalah 88,24%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 58,82% dengan 20 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 82,35% dengan 28 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran  Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan, keterampilan dan hasil belajar siswa pada mata diklat Gambar Teknik di kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Batipuh.

Submitted

2020-01-28
Accepted
2020-01-31
Published
2020-01-22
How to Cite
[1]
M. A. Putra, A. Ambiyar, H. Hasanuddin, and A. K, “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KETERAMPILAN, DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 BATIPUH”, Vomek, vol. 2, no. 1, pp. 83-90, Jan. 2020.