HUBUNGAN MINAT BACA BUKU TEKNIK DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK
Abstract
Kurangnya minat siswa SMK Negeri 2 Solok mempergunakan perpustakaan sebagai tempat membaca buku dan memahami isi nya yang ditandai dengan kurangnya siswa berkunjung ke perpustakaan, serta masih rendahnya minat membaca buku-buku teknik khususnya buku Gambar Teknik. Kedisplinan, sopan santun, dan partisipasi siswa yang masih kurang dalam proses belajar mengajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara minat baca dan keterampilan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi. Penelitian ini dilakukan pada semester Juni-Desember tahun ajaran 2019/2020 di SMK Negeri 2 Solok. Jumlah populasi 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan keterampilan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan menggunakan uji normalitas maka dapat disimpulkan data terdistribusi normal dengan dengan menggunakan teknik uji Kolmogrov smirnov (Uji K-S). Hasil dari uji Linearitas maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi minat baca buku teknik dengan hasil belajar adalah Linier. Hasil persamaan regresi sikap belajar dengan hasil belajar adalah Linier. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikansi antara minat baca buku teknik dan sikap belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Solok.