PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN SIKAP SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LAS DASAR DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG

  • Suyatno Suyatno Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Keterampilan Mengajar, Tata Tertib Sekolah, Hasil Belajar, Teknik Las Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan sikap siswa pada tata tertib sekolah terhadap hasil belajar Teknik Las Dasar  pada siswa kelas X  Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan persepsi siswa dan sikap siswa dengan hasil belajar teknik las dasar. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar (X1) cenderung tinggi, yaitu 50,909% dan untuk variabel sikap siswa pada tata tertib sekolah (X2) cenderung tinggi sebesar 47,273% sedangkan hasil belajar Teknik Las Dasar (Y) cenderung sangat tinggi yaitu sebesar 49,091%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan sikap siswa pada tata tertib sekolah terhadap hasil belajar teknik las dasar.

Submitted

2020-02-07
Accepted
2020-02-10
Published
2020-05-05
How to Cite
[1]
S. Suyatno, I. Irzal, J. Jasman, and P. Primawati, “PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN SIKAP SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LAS DASAR DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG”, Vomek, vol. 2, no. 2, pp. 64-72, May 2020.