PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 KECAMATAN GUGUAK

  • Yovi Ardhan Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, STAD

Abstract

Masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin yang masih belum mencapai KKM serta Kurang nya kerjasama yang positif antar sesama peserta didik dalam usaha menguasai materi yang diajarkan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga proses pembelajarannya dapat berjalan dengan baik, dan hasil belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 22 orang kelas X SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pembelajaran, berdiskusi untuk memecahkan masalah atau tugas. Dengan interaksi yang efektif dimungkinkan semua anggota kelompok dapat menguasai materi pada tingkat setara  sehingga hipotesisnya terbukti, dimana dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Maka dari itu penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berhasil meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar hal ini dibuktikan dengan persentase keberhasilan proses belajar mengajar dan aktivitas belajar siswa yang berada pada kategori baik sekali.

Submitted

2020-02-10
Accepted
2020-02-14
Published
2020-05-05
How to Cite
[1]
Y. Ardhan, P. Primawati, M. Mulianti, and F. Prasetya, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 KECAMATAN GUGUAK”, Vomek, vol. 2, no. 2, pp. 56-63, May 2020.