HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PPLK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
Abstract
Masih belum maksimalnya nilai siswa kelas XI pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu apakah ada hubungan yang signifikan dari keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dimana penulis ingin melihat hubungan antara 2 variabel, yakni keterampilan dasar mengajar dan hasil belajar. Dengan membangun hipotesis bahwa diasumsikan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret tahun 2019 di SMK Negeri 1 Bukittinggi pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi, tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 62 siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 50 siswa. Hasil analisis data mengungkapkan tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK pada mata pelajaran teknik pemesinan NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 1 Bukittinggi termasuk dalam kategori Tinggi. Sedangkan hasil belajar termasuk pada kategori Cukup Baik. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi keterampilan dasar mengajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 38,1% sedangkan 61,9% dipengaruhi oleh faktor lain seperti aktivitas belajar, lingkungan, perhatian orang tua, tingkat IQ siswa, dan lain-lain. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan NC/CNC dan CAM kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi termasuk pada kategori Cukup Kuat.