PENGARUH KESIAPAN MENGAJAR TERHADAP SIKAP MENGAJAR CALON GURU MUDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan mengajar terhadap sikap dalam mengajar calon guru mda Pendidikan Teknik Mesin FT UNP. Guru muda merupakan estapet penerus pendidikan. Banyak kompetensi yang harus disiapkan sebagai guru muda. Fenomena di lapangan banyak hal terjadi pada guru muda, mulai dari kesiapan dalam mengajar, pengkondisian kelas, mental saat mengajar dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto karena penelitian ini dilakukan pada suatu peristiwa yang telah terjadi kemudian dirunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberikan treatment atau manipulation. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2016 yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket tertutup. Teknik yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah dengan analisis regresi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa semakin naik kesiapan mengajar mahasiswa maka akan meningkatkan sikap dalam mengajar mahasiswa.